Ibai Kecam Kedutan karena Gangguan Selama Streaming Pemirsa 3,4 Jutanya

Twitch megastar Ibai Llanos mengecam platform untuk pemadaman selama streamer vs streamer pertandingan tinju tahunannya, yang memecahkan rekor tontonan dunia Twitch tiga kali dalam satu streaming pada hari Sabtu. Pada satu titik, saluran Llanos mencapai puncak hampir 3,45 juta pemirsa bersamaan.

Bagaimana Cara Kerja Twitch Indoor Soccer League Baru Gerard Pique?

Llanos menjadi tuan rumah edisi ketiga dari acara tendanya, La Velada del Año, yang diterjemahkan menjadi “Malam Tahun Ini”, di hadapan lebih dari 70.000 penonton di stadion sepak bola Civitas Metropolitano di Madrid, Spanyol pada hari Sabtu. Bahkan sebelum acara dimulai, bar sudah ditetapkan tinggi, dengan banyak orang menunggu untuk melihat apakah streamer terbesar komunitas berbahasa Spanyol — yang telah memegang rekor dunia untuk pemirsa langsung terbanyak di Twitch — dapat membuat sejarah sekali lagi.

Mereka tidak perlu menunggu lama. Llanos mengalahkan rekornya sendiri selama pertarungan pertama acara tersebut, yang mengadu streamer Twitch Andrés López, lebih dikenal sebagai Ampeterby7, melawan bintang pop Spanyol Abraham Mateo. Pertarungan tersebut menarik 3,41 juta penonton, menurut Streams Charts, memecahkan rekor dunia Llanos sebelumnya sebesar 3,35 juta penonton selama pertandingan tinju tahun lalu.

Namun, masalah dengan Twitch mulai muncul selama pertandingan kedua malam itu antara streamer Twitch Meksiko Samy “Rivers” Rivera dan TikToker Spanyol Marina Rivera, yang dikenal sebagai “La Rivers”, sekitar pukul 2 siang ET. Lebih dari 5.200 pengguna melaporkan masalah dengan Twitch pada downdetector pelacak pemadaman saat itu. Di Twitter, #Twitch menjadi tren, dengan banyak pengguna menyatakan bahwa aplikasi tersebut tidak berfungsi.

Streamer Twitch Meksiko Samy Rivera, kiri, dan TikToker Marina Rivera, kanan, bertarung di La Velada del Año III. Foto: La Velada del Año III

Llanos membahas pemadaman selama jeda singkat dalam pertarungan antara Rivers dan La Rivers, mengungkapkan kekecewaannya karena Twitch tidak membuat persiapan yang lebih baik untuk mengakomodasi lalu lintas ke streaming langsung Velada.

“Sayang sekali karena menurut saya Twitch sedang down. Saya pikir Twitch bertingkah aneh. Banyak orang memberi tahu kami hal ini dalam obrolan. Kami berhubungan dengan Twitch karena sebenarnya memalukan untuk mengadakan acara ini dan kemudian melihat bahwa platform dengan $300 juta tidak mampu menyediakan server yang baik, tetapi kami mencoba dan mari kita lihat apakah kami dapat memperbaikinya dengan sedikit keberuntungan,” kata Llanos. “Semuanya, kami mohon maaf atas kejadian ini, tetapi hanya sedikit yang dapat kami lakukan di sini. Kami meminta maaf.”

Gizmodo menjangkau Twitch pada hari Sabtu dan Minggu untuk mengomentari pemadaman dan pernyataan Llanos tetapi tidak segera menerima tanggapan.

Terlepas dari masalah dengan Twitch, Llanos akan memecahkan rekor tontonan dunianya dua kali lagi sepanjang acara, yang juga menampilkan pertunjukan musik dari artis top di dunia berbahasa Spanyol, termasuk Ozuna, Lola Índigo, Quevedo, dan Duki. Streamer Spanyol mencapai 3,42 juta penonton bersamaan selama penampilan Quevedo dan 3,44 juta penonton selama pertarungan terakhir malam itu antara streamer Argentina Coscu, yang bernama asli Martín Pérez, dan YouTuber Chili Germán Garmendia.

Meskipun angka-angka ini sangat mengesankan, jumlah sebenarnya orang yang menonton streaming kemungkinan jauh lebih tinggi, karena banyak yang berkumpul untuk menonton Velada bersama. Dalam kasus tersebut, meskipun mungkin ada lima orang yang menonton streaming, Twitch hanya menghitung perangkat yang terhubung sebagai penonton, yang berarti kasus tersebut hanya akan didaftarkan sebagai satu penonton. Ini merupakan tambahan bagi orang-orang yang tidak dapat melihat acara tersebut karena pemadaman di Twitch.

Twitch streamer Ibai Llanos menjadi tuan rumah dan mengomentari pertarungan di La Velada del Año III, streaming Super Bowl. Foto: La Velada del Año III

Secara keseluruhan, streaming La Velada del Año III selama delapan jam oleh Llanos mempertahankan rata-rata 2,89 juta penonton langsung selama acara dan menarik 15,19 juta penonton individu. Pencapaiannya adalah pengingat lain akan kekuatan komunitas streaming berbahasa Spanyol di Twitch, yang mendominasi daftar saluran dengan pemirsa terbanyak sepanjang masa.

“Terima kasih telah menjadi bagian dari streaming langsung terbesar dalam sejarah. Untuk menciptakan rekor dunia lainnya,” kata Llanos di Twitter setelah acara tersebut. “Dari lubuk hatiku yang paling dalam, terima kasih. 1 Juli 2023 tidak akan terlupakan.”

Leave a Reply