Apa itu Snapdragon Sound, apa yang ditawarkannya dan perangkat apa yang memilikinya?

Saku-serat

Qualcomm mungkin terkenal dengan platform selulernya yang akan Anda temukan di bawah tudung beberapa ponsel cerdas, dari Samsung dan OnePlus hingga Oppo dan Motorola, tetapi di dalam platform tersebut, ada sejumlah teknologi yang hadir.

VIDEO POCKET-LINT DARI DAYSCROLL UNTUK LANJUTKAN DENGAN KONTEN

Salah satunya adalah Snapdragon Sound, yang memiliki sejumlah fitur di bawah payungnya. Ini semua yang perlu Anda ketahui tentang Snapdragon Sound, termasuk apa itu, apa yang ditawarkannya, dan perangkat mana yang memilikinya.

Apa itu Suara Snapdragon?

Snapdragon Sound adalah teknologi yang dikembangkan oleh Qualcomm yang dirancang untuk menghadirkan pengalaman audio terbaik, apa pun yang Anda lakukan. Baik itu bermain game, streaming musik, atau melakukan panggilan suara dan video. Ini menjamin tingkat kualitas audio HD tertentu antara ponsel dan headphone yang kompatibel dengan latensi rendah dan juga panggilan suara berkualitas tinggi.

Snapdragon Sound pertama kali diumumkan pada awal tahun 2021, tersedia di chipset Snapdragon 888. Itu kemudian datang ke platform seluler Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, dan baru-baru ini, platform Snapdragon 8 Gen 2 yang diungkapkan Qualcomm di Snapdragon Summit pada November 2022.

Menurut Qualcomm, Snapdragon Sound adalah “satu-satunya solusi yang dirancang untuk menghadirkan musik Lossless, latensi rendah terdepan di industri, dan dengan memanfaatkan teknologi Qualcomm Bluetooth High Speed ‚Äč‚ÄčLink, koneksi Bluetooth paling kuat.”

Ini adalah sistem audio end-to-end dan memiliki sejumlah fitur yang terpasang di dalamnya – lebih banyak lagi di bagian bawah – meskipun untuk memanfaatkan fitur-fiturnya, baik ponsel maupun headphone atau speaker perlu menggunakan perangkat keras Qualcomm di dalamnya.

Fitur apa saja yang ditawarkan Snapdragon Sound?

Snapdragon Sound memiliki sejumlah fitur di dalamnya, seperti yang telah disebutkan. Untuk tahun 2022, Qualcomm mengumumkan Audio Spasial Dinamis, peningkatan latensi, dan audio lossless.

Untuk merasakan beberapa fitur tersebut, Anda tidak hanya perlu memiliki ponsel yang menjalankan platform seluler Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, tetapi Anda juga perlu memiliki sepasang headphone atau speaker dengan chipset Qualcomm Snapdragon S3 atau Chipset S5 di dalamnya.

Jika Anda memiliki keduanya, inilah fitur yang akan Anda dapatkan dan artinya.

Audio Spasial Dinamis

Snapdragon Sound menawarkan Audio Spasial Dinamis untuk headphone kabel dan nirkabel dan idenya adalah untuk menghadirkan pengalaman yang lebih imersif. Itulah yang ditawarkan Apple melalui model AirPods 3 dan AirPods Pro, dengan Qualcomm menghadirkan teknologi tersebut ke Android di sini.

Saat menonton film atau mendengarkan musik dengan Spatial Audio atau Dolby Atmos, suara tetap terkunci di perangkat yang Anda gunakan, meskipun Anda menoleh ke kiri atau kanan, atas atau bawah. Teknologi ini memungkinkan pengalaman mendengarkan yang lebih alami dan menyeluruh.

Latensi yang ditingkatkan

Dengan Snapdragon 8 Gen 2 terbaru dan perangkat dengan chip Snapdragon S3 atau S5, ada peningkatan latensi untuk bermain game di Snapdragon Sound. Ini berarti Anda akan mendapatkan game bebas lag dan pengalaman yang lebih baik secara keseluruhan. Qualcomm mengurangi latensi menjadi 48ms, yang jauh lebih rendah daripada 300ms biasa yang akan Anda temukan di headphone Bluetooth. Namun sekali lagi, Anda memerlukan headphone yang kompatibel dan smartphone yang kompatibel untuk mendapatkan keuntungan.

Ada elemen lain untuk bagian ini. Qualcomm juga mengumumkan versi perbaikan dari chip S3 Gen 2 pada Juni 2023, enam bulan setelah Snapdragon Summit. Chip ini telah dirancang untuk digunakan dalam adaptor dan dongle, dan diklaim memberikan latensi <20ms, yang mendekati apa yang Anda harapkan dari headset kabel, yang biasanya sekitar 5ms hingga 10ms. Idenya adalah Anda menyambungkan dongle dengan chip S3 Gen 2 di dalamnya ke perangkat Anda - baik laptop, ponsel USB-C, TV - dan Anda akan mengalami latensi sangat rendah di bawah 20 ms dari headset nirkabel saat bermain game. Headset harus berupa headset yang disetujui Snapdragon Sound dengan chip S3 atau S5 di dalamnya dan juga mendukung saluran suara untuk obrolan dalam game.

Audio Tanpa Rugi

Salah satu fitur utama Snapdragon Sound adalah audio aptX Lossless. Qualcomm mengumumkan dukungan untuk audio lossless 16-bit 48Hz dengan platform Snapdragon 8 Gen 2 dan chip S3 dan S5, yang sedikit lebih baik daripada kualitas CD, yaitu 44,1Hz. Untuk perangkat yang menjalankan Snapdragon 8 Gen 1, lossless tersedia di 44.1Hz, sedangkan perangkat dengan Snapdragon 8 Gen 2 menawarkan 48Hz lossless melalui Bluetooth LE.

Lossless dirancang untuk menghasilkan salinan identik dari trek yang sedang Anda dengarkan, diadaptasi berdasarkan lingkungan Anda dengan mengurangi kecepatan bit untuk terus memberikan pengalaman audio yang baik, tanpa putus atau gangguan, daripada mengompres lacak dan hilangkan detail seperti audio Lossy.

Koneksi Kuat

Snapdragon Sound dikatakan dioptimalkan untuk bekerja di seluruh perangkat Anda dan memberikan koneksi yang kuat dengan gangguan minimal atau gangguan audio, di mana pun Anda berada, bahkan di lingkungan yang sibuk ketika ada banyak gangguan dari perangkat lain di sekitar Anda.

Perangkat mana yang memiliki Snapdragon Sound dan bagaimana cara mendapatkannya?

Qualcomm memiliki sejumlah mitra di dunia audio, dengan banyak pemain kunci menggunakan chipset Qualcomm di dalam headphone mereka. Mitra ini termasuk Bose, Sennheiser, Anker, Jabra dan Nura. Bose mengumumkan semua headphone 2023 akan mendukung Snapdragon Sound, yang berarti audio lossless 48Hz juga.

Saat ini ada lebih dari 100 produk yang mendukung Snapdragon Sound, yang bisa Anda dapatkan daftar lengkapnya di sini. Tidak semua ini menawarkan fitur Snapdragon Sound terbaru, seperti yang kami sebutkan, Anda memerlukan smartphone yang menjalankan platform Snapdragon 8 Gen 2 dan sepasang headphone atau speaker yang menjalankan chip S3 atau S5.

Perangkat yang mendukung Snapdragon Sound menampilkan lencana untuk menunjukkan bahwa perangkat tersebut telah diuji dan disertifikasi oleh Qualcomm untuk menghadirkan pengalaman yang diharapkan.

Bagaimana dengan dongle Suara Snapdragon?

Saat ini, tidak ada dongle yang tersedia untuk dibeli sebagai produk fisik. Qualcomm belum mengumumkan kapan kita akan melihat dongle atau adaptor pertama yang tersedia yang menampilkan chip S3 Gen 2 yang ditingkatkan di dalamnya, meskipun perusahaan telah merinci teknologi tersebut ke beberapa mitra dan Pocket-lint diberitahu dalam pengarahan bahwa fisik dongle dengan teknologi kemungkinan akan tiba “segera”. Kami mengalami dongle referensi yang sedang beraksi dan hanya ada sedikit perbedaan antara headphone Bluetooth yang kami gunakan dengan dongle dan headset SteelSeries berkabel yang digunakan untuk tes AB.

Selain mendukung latensi <20ms, chipset S3 Gen 2 juga mendukung kemampuan siaran LE Audio Auracast terbaru untuk dongle dan adaptor, yang dapat mengubah perangkat seperti TV, ponsel, laptop, PC, konsol menjadi platform siaran premium. Untuk mendengarkan musik, streaming Bluetooth resolusi tinggi 24-bit 96kHz didukung menggunakan Snapdragon Sound dan teknologi audio Qualcomm aptX Adaptive.

Leave a Reply