Google Pixel Tablet vs Samsung Galaxy Tab S8: Apa bedanya?

  • Google

    Tablet Google Piksel

    Pilihan utama kami

    Tablet Google Pixel dirancang agar pas dengan pengaturan rumah pintar Anda. Itu dibundel dengan dok pengisi daya yang berfungsi ganda sebagai speaker pintar, yang pada dasarnya mengubah pelat serbaguna ini menjadi layar Nest Hub. Kemudian ketika Anda ingin menggunakannya sebagai tablet, lepaskan saja dari dok dan pergilah.

    Pro

    • Dok speaker pengisi daya yang praktis disertakan
    • Pengoptimalan perangkat lunak pihak pertama
    • Integrasi hebat dengan Google Home
  • Samsung

    Samsung GalaxyTab S8

    Alternatif yang sangat baik

    Samsung Galaxy Tab S8 sedikit lebih tua, diluncurkan pada awal tahun 2022, tetapi masih mengemasnya, dan harganya juga mulai turun sedikit. Ini memiliki banyak keunggulannya sendiri, termasuk dukungan S Pen, penyimpanan yang dapat diperluas, dan aksesori casing keyboard opsional yang mengubahnya menjadi laptop.

    Pro

    • Penyimpanan yang dapat diperluas dengan microSD
    • S Pen disertakan di dalam kotak
    • Dapat digunakan sebagai pengganti laptop

    Kontra

    • Sangat mirip dengan pendahulunya

VIDEO POCKET-LINT DARI DAYSCROLL UNTUK LANJUTKAN DENGAN KONTEN

Tablet Google yang telah lama ditunggu-tunggu akhirnya tiba, dan tampaknya merupakan pilihan yang sangat baik bagi penggemar Android yang membutuhkan layar lebih besar.

Tidak terlalu banyak tablet Android untuk dipilih, setidaknya pada ujung spektrum yang lebih premium. Ada, tentu saja, OnePlus Pad yang baru dirilis, tetapi menurut kami Tablet Pixel baru lebih cocok dengan Samsung Galaxy Tab S8.

Kedua papan tulis memiliki spesifikasi yang serupa, harga yang serupa, dan keduanya berasal dari dua merek paling tepercaya dalam bisnis ini.

Jadi, mana yang harus Anda pilih? Kami telah menguji kedua perangkat ini dan membandingkan fiturnya untuk membantu Anda memutuskan mana yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Spesifikasi, ketersediaan dan harga

Samsung Galaxy Tab S8 diluncurkan awal tahun lalu dan mulai dikirimkan pada 25 Februari 2022. Sejak saat itu, telah tersedia untuk dibeli di sebagian besar wilayah dan masih tersedia untuk dibeli hari ini.

Samsung Galaxy Tab S8 awalnya mulai dari $699 tetapi sekarang sering ditemukan dengan harga sekitar $630-650 untuk model dasar.

Tablet Google Pixel secara resmi diluncurkan pada 10 Mei 2023 dan tersedia untuk dibeli sekarang.

Tablet Google Pixel dijual seharga $499, dalam spesifikasi dasarnya, atau $599 jika Anda memilih varian 256GB. Saat ini, semua Tablet Google Pixel dilengkapi dengan dok speaker.

  • Tablet Google PixelSamsung Galaxy Tab S8Penyimpanan128GB / 256GB128GB / 256GB + MicroSDCPUGoogle Tensor G2Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1Memori8GB8GB LPDDR5Sistem OperasiAndroid 13Samsung One UI 5 TabBateraiHingga 12 jam8000 mAhPortHanya USB-CHanya USB-CKamera (Belakang, Depan)8MP f/2.0 belakang / 8MP f/2.0 lanskap depan13MP + 6MP belakang, depan 12MPTampilan (Ukuran, Resolusi)10,95 inci, 2560 x 1600, 500 nits, LCD11 inci, 2560×1600, 600 nits, LCDWarnaPorcelain, Hazel, RoseGraphite, Pink Gold, Silver

Desain

Samsung Galaxy Tab S8 memiliki desain yang cukup mirip dengan iPad Pro. Ini memiliki tepi aluminium persegi, dengan garis antena yang terlihat di seluruh. Apa yang membedakannya sedikit lebih, adalah strip kontras di sepanjang satu sisi perangkat, yang menyoroti area di mana Anda dapat memasang S Pen untuk pengisian daya dan penyimpanan.

Saku-serat

Tersedia dalam tiga pilihan warna, Graphite, Pink Gold, dan Silver. Emas Merah Muda adalah warna yang paling mencolok, dan mungkin yang akan dipilih jika Anda ingin membuat pernyataan, dengan dua warna lainnya terlihat agak kalem dan profesional.

Tablet Google Pixel memiliki tampilan yang lebih ramah dan montok. Ini memiliki lapisan nano-keramik baru di bagian belakang yang membuat rumah aluminium lebih grippy dan bertekstur.

Seperti biasa, palet warna pastel Google yang tidak biasa diterapkan di sini. Tablet Pixel tersedia dalam Porselen, yang merupakan warna putih pudar, Hazel, yang merupakan opsi hijau-abu-abu, dan Rose, yang merupakan opsi merah muda pucat, hampir krem.

Kedua tablet memiliki ukuran dan berat yang sangat mirip dan keduanya hanya memiliki port USB-C tunggal untuk konektivitas. Ada pin pogo di kedua perangkat untuk menghubungkan ke aksesori, tetapi kami akan membicarakannya nanti.

Layar dan speaker

Kedua tablet memiliki layar LCD dengan resolusi 2560×1600, layar Samsung sedikit lebih besar, tetapi ini bukanlah sesuatu yang mungkin Anda perhatikan di dunia nyata. Ini juga mengklaim sedikit lebih cerah, tetapi angka pemasaran ini sering kali berbeda dari kinerja dunia nyata – bagaimanapun juga, keduanya harus cukup cerah untuk bersaing dengan hari-hari cerah.

Kedua tablet memiliki susunan quad-speaker. Saat menguji Tab S8, kami menemukan bahwa speaker mampu menghasilkan volume yang serius, tetapi kurang memiliki kinerja kelas bawah dan ceritanya sama dengan Pixel Tablet – banyak kejernihan dan volume, tetapi lebih banyak bass akan menyenangkan.

Keuntungan terbesar dari Google Pixel adalah dibundel dengan dok pengisi daya dengan speaker terintegrasi. Jika Anda mengetahui sesuatu tentang speaker, Anda akan tahu bahwa driver yang secara fisik lebih besar akan memberikan hasil yang lebih mengesankan – dan demikian pula halnya dengan produk ini. Ini merupakan dorongan besar untuk performa audio, dan meskipun menurut kami ini tidak dapat bersaing dengan speaker Bluetooth terbaik, ini adalah pengalaman mendengarkan yang sangat solid.

Perangkat keras dan kinerja

Kedua tablet menggunakan chipset yang terdapat pada smartphone flagship, Tab S8 menggunakan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, dan Pixel Tablet menggunakan chip Tensor G2.

SoC Snapdragon S8 adalah yang lebih tua dari keduanya, tetapi kinerjanya sangat solid. Tensor G2, di sisi lain, diluncurkan di dalam Pixel 7 dan Pixel 7 Pro, dan juga merupakan chip yang sangat mumpuni.

Saus rahasia dengan chip Tensor adalah bahwa Google menggunakan pengoptimalan perangkat lunak untuk mendapatkan kinerja terbaik dari perangkat keras, sehingga banyak tugas akan selesai lebih cepat, meskipun SoC Qualcomm lebih kuat di atas kertas.

Untuk game seluler, kami mendapatkan hasil terbaik dengan SoC Snapdragon, tetapi Tablet Pixel menangani judul seperti Call of Duty Mobile tanpa masalah. Faktor bentuk tidak terlalu cocok untuk bermain game, tetapi Anda selalu dapat memasangkan pengontrol game untuk pengalaman terbaik.

Perlu juga dicatat bahwa Galaxy Tab S8 memiliki penyimpanan yang dapat diperluas dalam bentuk slot kartu microSD onboard. Tablet Pixel tidak mendukung kartu SD, jadi Anda terjebak dengan penyimpanan terintegrasi.

Aksesori

Seperti yang telah kami sebutkan, Google Pixel Tablet dibundel dengan stasiun dok dan pada dasarnya berfungsi ganda sebagai tampilan Google Nest Hub saat dipasang ke dok. Dermaga ini memiliki speaker bawaan dan sangat meningkatkan performa audio tablet.

Tidak ada dok seperti itu yang tersedia untuk Galaxy Tab S8, tetapi Anda mendapatkan Pena S yang disertakan di dalam kotak. Bergantung pada prioritas Anda, yang satu bisa jauh lebih bermanfaat daripada yang lain. Seniman yang bercita-cita tinggi kemungkinan tidak akan mendapatkan banyak manfaat dari integrasi rumah pintar Pixel Tablets, tetapi mereka akan senang menggunakan S Pen – dan tentu saja, jika Anda bukan seorang doodler maka kebalikannya bisa jadi benar.

Samsung

Samsung juga menjual penutup keyboard untuk Tab S8, yang secara efektif memungkinkannya digunakan sebagai pengganti laptop dan Google belum mengumumkan aksesori semacam itu untuk Tablet Pixel.

Tidak ada stylus pihak pertama juga. Namun, Google mengatakan Pixel Tablet kompatibel dengan pena stylus USI 2.0. Ini biasanya dijual sebagai aksesori Chromebook, dan beberapa opsi bagus tersedia dari merek seperti Lenovo.

Kesimpulan

Bagi kebanyakan orang, menurut kami Tablet Google Pixel adalah pilihan yang tepat. Ini tersedia dengan harga yang jauh lebih murah, dan dok speaker pengisi daya menambahkan banyak fungsi yang berarti tablet lebih sering digunakan.

Google / Pocket-lint

Pixel Tablet, saat dipasang ke dok, dapat digunakan sebagai speaker pintar, hub untuk kontrol rumah pintar Anda, layar Chromecast kecil, dan bingkai foto digital – semua hal yang tidak dapat dicapai dengan Galaxy Tab S8. Selain itu, saat dilepas, Anda mendapatkan kinerja tablet yang serupa dan perangkat lunak yang dioptimalkan dengan sangat baik.

Konon, Samsung Galaxy Tab S8 juga memiliki kelebihannya sendiri. Kameranya lebih mengesankan, dan jumlahnya lebih banyak, yang berarti ini adalah pilihan yang jelas jika Anda ingin mengambil gambar dengan tablet Anda. Fakta bahwa Anda dapat menambahkan lebih banyak penyimpanan dengan kartu microSD juga tidak boleh diabaikan.

Samsung

Samsung GalaxyTab S8

Untuk penggemar Android yang menginginkan desain cantik dipadukan dengan kekuatan tanpa kompromi, Tab S8 adalah pilihan yang luar biasa.

Ada juga fakta bahwa Tab S8 dibundel dengan S Pen, yang secara luas dianggap sebagai salah satu stylus Android terbaik. Google belum mengumumkan stylus, dan meskipun kompatibilitas dengan pena pihak ketiga disertakan, kami tidak dapat membayangkannya bekerja di level Samsung.

Seperti biasa, tablet yang tepat untuk Anda semua bergantung pada kebutuhan pribadi Anda. Tablet Pixel dirancang untuk tinggal di rumah dan diambil saat dibutuhkan, sedangkan Samsung Galaxy Tab S8 lebih merupakan alat produktivitas yang bisa dibawa ke mana saja.

Leave a Reply