Apa itu Utas Instagram dan bagaimana cara kerjanya?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa Elon Musk dan Mark Zuckerberg saling memanggil untuk pertarungan kandang. Nah, tampaknya sekarang mereka benar-benar memiliki sesuatu untuk dipertengkarkan.

Perusahaan Mark Zuckerberg, Meta (sebelumnya Facebook, Inc.) telah merilis aplikasi jejaring sosial bernama Threads yang dalam banyak hal mirip dengan aplikasi Twitter yang saat ini dimiliki oleh miliarder saingannya, Elon Musk. Apa itu Utas Instagram? Ini semua yang perlu Anda ketahui.

Apa itu Thread?

Threads adalah aplikasi baru (semacam) dari Meta, perusahaan yang memiliki Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Aplikasi ini dirancang dan dibuat oleh tim Instagram dan dideskripsikan sebagai aplikasi untuk berbagi pembaruan teks dan bergabung dalam percakapan publik.

Terdengar familiar? Nah, jika Anda berpikir itu sangat mirip dengan Twitter, Anda benar. Tampaknya Meta telah melihat celah potensial di pasar untuk jejaring sosial microblogging yang tidak diliputi oleh beberapa masalah yang saat ini dihadapi Twitter. Menariknya, aplikasi serupa juga disebut Utas diumumkan pada tahun 2021 tetapi kami belum mendengar banyak tentangnya lagi sampai sekarang, di mana aplikasi tersebut tampaknya telah mengalami perombakan dan peluncuran kembali.

Apa yang ditawarkan Threads?

Aplikasi Threads memungkinkan Anda untuk mengirim pesan dengan panjang hingga 500 karakter, yang secara signifikan lebih tinggi dari 280 karakter yang saat ini ditawarkan oleh Twitter (kecuali jika Anda mendaftar ke Twitter Blue) dan sama dengan 500 karakter default yang ditawarkan oleh Mastodon . Posting Anda dapat menyertakan foto, video hingga lima menit, dan tautan web.

Sumber: Meta

Bagaimana cara kerja Thread?

Setelah mengunduh aplikasi, Anda dapat masuk dengan akun Instagram yang ada. Nama pengguna Anda akan dibawa ke akun Threads Anda, begitu juga verifikasi Anda jika Anda memilikinya, dan Anda dapat memilih untuk menyesuaikan profil Anda untuk akun Threads baru Anda.

Sumber: Meta

Anda kemudian dapat memilih untuk secara otomatis mengikuti akun yang sama yang sudah Anda ikuti di Instagram, serta mencari dan menambahkan akun baru untuk diikuti dari dalam aplikasi Threads. Umpan Anda adalah campuran pos dari orang yang Anda ikuti dan konten yang direkomendasikan. Anda dapat membalas, memposting ulang, atau mengutip postingan dari orang lain dengan cara yang sama seperti di aplikasi saingan.

Apakah ada orang yang pernah saya dengar di Threads?

Setiap aplikasi jejaring sosial baru membutuhkan waktu untuk tumbuh, tetapi karena Anda dapat mengakses Utas dengan masuk ke akun Instagram Anda, tidak perlu waktu lama untuk melihat jumlah pengguna yang signifikan. Beberapa pengadopsi awal termasuk Shakira, pembalap F1 Lando Norris, pemain NBA Seth Curry, bintang sepak bola Kingsley Coman, dan koki sumpah serapah favorit semua orang, Gordon Ramsay.

Apa bedanya dengan Thread?

Sejauh ini, sangat akrab. Namun, ada rencana besar untuk Threads di dalam pipeline. Meskipun saat ini tidak demikian, tujuannya adalah membuat Threads kompatibel dengan ActivityPub. Ini adalah protokol jejaring sosial terdesentralisasi yang memungkinkan aplikasi jejaring sosial saling terhubung dengan aplikasi lain yang menggunakan protokol yang sama. Tujuannya adalah untuk memungkinkan pengguna Threads berinteraksi dengan akun di berbagai platform media sosial. Jadi, misalnya, seseorang di Mastodon dapat meminta untuk mengikuti akun Threads Anda, dan Anda dapat menyetujui atau menolak permintaan tersebut langsung dari dalam Threads. Anda kemudian dapat mengikuti posting Mastodon mereka di umpan Utas Anda, tanpa pernah membuat akun Mastodon. Meskipun fitur ini belum tersedia, menarik untuk melihat bagaimana perkembangannya.

Apakah Threads aman?

Utas menawarkan banyak fitur yang ada di dalam Instagram untuk membantu Anda memfilter konten yang tidak ingin Anda lihat. Anda dapat mengontrol siapa yang dapat membalas atau menyebut Anda dalam sebuah kiriman, dan Anda dapat menambahkan filter kata sehingga setiap kiriman yang berisi kata-kata tersebut tidak muncul di umpan atau balasan Anda. Akun apa pun yang Anda blokir di Instagram juga otomatis diblokir di Threads, dan Anda dapat berhenti mengikuti, membatasi, atau memblokir akun langsung dari dalam Threads.

Sumber: Meta

Utas juga akan menegakkan Pedoman Komunitas Instagram, yang hanya mengizinkan postingan yang sesuai untuk audiens yang beragam dan tidak mengizinkan postingan yang berisi ujaran kebencian atau dimaksudkan untuk merendahkan atau mempermalukan individu. Ini adalah cara lain Threads bertujuan untuk menjauhkan diri dari beberapa pesaingnya; Meta ingin menunjukkan bahwa lebih dari $16 miliar telah diinvestasikan dalam tim dan teknologi yang diperlukan untuk menegakkan pedoman di Instagram, dan sumber daya yang sama akan digunakan untuk membuat Threads menjadi tempat untuk ‘percakapan yang positif dan produktif’.

Apakah Utas menghormati privasi?

Ya, ini adalah aplikasi yang dimiliki oleh Meta, tetapi buatlah itu sesuka Anda. Namun, tampaknya ada fokus pada privasi sejak awal. Siapa pun yang berusia di bawah 18 tahun, atau di bawah 16 tahun di beberapa negara, secara otomatis diatur dengan profil pribadi saat pertama kali masuk. Mereka kemudian dapat menyetujui pengguna di Utas yang ingin mengikuti mereka, seperti yang dapat Anda lakukan di Instagram. Dan banyak fitur privasi yang sama yang muncul di Instagram, seperti kemampuan untuk memblokir atau melaporkan pengguna lain, disertakan dalam Utas.

Bagaimana Anda mendapatkan Thread?

Utas diluncurkan di lebih dari 100 negara di seluruh dunia pada 6 Juli 2023. Saat ini tersedia untuk iOS dan Android dan dapat diunduh dari Apple App Store atau Google Play Store.

Leave a Reply