oleh

Ada Gudang Penimbunan BBM di Kecamatan Panai Hulu Dan Panai Hilir

Labuhanbatu – Di kecamatan Panai Hulu dan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu Propinsi Sumatera Utara ada gudang yang diduga sebagai tempat penyimpanan, penimbunan dan penjualan bahan bakar minyak (BBM) tanpa ijin atau ilegal.

BBM yang berada di dalam gudang itu dijual kepada nelayan di Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir. Sedangkan minyak didapat dari along-along yang membeli minyak dari SPBU dengan mengunakan jerigen, kemudian dikumpul didalam gudang.

Ada juga membeli dengan mengunakan mobil pick up yang baknya dipenuhi jerigen dan sengaja ditutupi dengan tenda, ada pula yang mendapat pasokan dari truk tangki. Isi dari truk tangki yang berisi BBM kemudian diturunkan dan dimasukan dalam wadah yang sudah disediakan digudang.

Dari berbagai sumber yang didapat, pengumpul BBM tersebut dikelola yang berinisial A didesa Tanjung Sarang Elang Kecamatan Panai Hulu, H di desa Cinta MakmurĀ  Kecamatan Panai Hulu dan Iy didesa Sei Kasih Kecamatan Bilah Hilir.

Didepan gudang yang berdampingan dengan rumah tinggal itu tidak ada papan pengumuman atau plank merk jenis usaha maupun nama perusahaan, sehingga diduga gudang peyimpanan BBM itu tidak berijin atau ilegal.

Padahal, UU Nomor 22 tahun 2001 tentang Migas pada Pasal 53 menyebutkan, yang menjual BBM di luar SPBU atau melakukan niaga tanpa izin usaha niaga, merupakan tindak pidana kejahatan yang dapat diancam dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan denda paling tinggi Rp30.000.000.000,00 (tiga puluh miliar rupiah). (Andi Damanik)

News Feed