oleh

Bamsoet Kembali Menerima Penghargaan, Award Inspiring Leader of Politician

Bogor – “Pandemi datang tanpa permisi. Membuat seluruh negara kalang kabut menghadapinya. Bangsa Indonesia patut bersyukur, ditengah berbagai keterbatasan, kita masih mampu menghadapi pandemi ini dengan mengedepankan semangat gotong royong. Tak hanya pemerintah yang membantu rakyat, sesama rakyat juga saling memberikan bantuan,” ujar Bamsoet saat menerima penghargaan Inspiring Leader of Politician, secara virtual dari Bogor, Jumat (18/12/20).

Ketua DPR RI ke-20 ini menilai, pandemi Covid-19 telah menjadi batu ujian bagi para pemimpin untuk menunjukkan kompetensi dan kapabilitas kepemimpinannya di mata masyarakat. Ada banyak karakteristik kepemimpinan di masa pandemi yang dapat dijadikan rujukan. Beberapa diantaranya adalah sikap tegas, tenang, optimis, responsif, kolaboratif, transparan, empati dan visioner.

“Salah satu kunci penting untuk menumbuhkan kesadaran kolektif masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan adalah adanya keteladanan sikap dan perilaku dari para figur pemimpin dan tokoh masyarakat. Karena di tengah suasana keprihatinan menghadapi pandemi, keteladanan adalah sarana komunikasi yang paling sederhana, paling mudah diterima masyarakat, sekaligus paling efektif,” tandas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Golkar dan wakil ketua umum Kadin Indonesia ini menekankan, respon dan cara para pemimpin menghadapi situasi sulit di tengah pandemi tidak boleh semata-mata didasarkan pada niat baik saja. Tetapi harus diwujudkan secara nyata agar benar benar membawa nilai kemanfaatan bagi seluruh rakyat. (WARTA-NUSANTARA.COM / Sfn)

News Feed