oleh

Badan Buruh PP Harapkan Ojol BeUJEK Dapat Menjadi Role Model Serikat Pekerja Transportasi Pancasila

Jakarta, Monasnews.com – Ketua Badan Buruh & Pekerja Pemuda Pancasila (B2P3), Jamaludin Suryahadikusuma mengharapkan Koperasi BeU Abadi Nusantara yang bergerak di bidang moda transportasi online bisa menjadi Role Model dalam Pengembangan Serikat Pekerja Transportasi Pancasila.

Pernyataan itu disampaikan Jamal menanggapi hadirnya moda transportasi online  baru berbasis koperasi dikenal dengan BeEJEK yang barus saja launching Kantor Cabang di kota Depok, Jawa Barat yang ke-58. Jamal sendiri mewakilkan kehadirannya pada Wakil Ketua, Zulfikri karena pada saat yang sama sedang ada kegiatan di Tegal, Jawa Tengah.

Jamal menuturkan, kehadiran BeUJEK ini kian membuat banyak pilihan kepada masyarakat akan layanan transportasi yang mudah, murah, aman dan nyaman. Dan yang lebih penting lagi, bukan hanya masyarakat yang diuntungkan tetapi juga pelaku bisnisnya yaitu supirnya itu yang pertama harus diuntungkan.

“Saya yakin, dengan menerapkan bisnis BeUJEK di bawah koperasi maka ini akan menjadi usaha bersama antara pemilik dan pekerjanya yang dalam hal ini adalah para supirnya. Ini  terobosan bagus yang patut diapresiasi,” papar Jamal yang pernah menjadi Anggota Satgas TKI Terancam Hukuman Mati Era Presiden SBY ini.

Terkait pemberdayaan para supir BeJEUK, Jamal menuturkan bahwa Badan Buruh & Pekerja Pemuda Pancasila siap bersinergi untuk melakukan program-program pemberdayaan BeUJEK. Usulannya Jamal yaitu melalui kerjasama dalam pembentukan Serikat Pekerja Transportasi Pancasila.

“Saya mengharapkan, agar BeJEUK bisa menjadi Role Model (Panutan) dalam pengembangan Serikat Pekerja Transportasi Pancasila,” paparnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Umum Koperasi BeUJEK, Eka Mulyana mengatakan menyambut gembira tawaran Ketua B2P3 Jamaludin Suryahadikusuma.

“Kami siap bersinergi dengan Ketua Badan Buruh & Pekerja Pemuda Pancasia guna mewujudkan Serikat Kerja Transportasi Pancasila,” papar Eka.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Cabang BeUJEK Depok Budi Purwanto mengatakan bahwa Beujek membuka pendaftaran driver bagi warga yang ingin menjadi anggota di kantornya di Ruko Anggrek Blok C, Jalan Boulevard, Depok pada setiap hari kerja.

Budi menjelaskan, persyaratan untuk mendaftar yaitu harus menjadi anggota koperasi dulu. Untuk sementara iuran wajib Rp 30.000,-/bulan atau Rp 1.000,- per hari. Simpanan itu, lanjut dia, akan dikembalikan kepada para driver, misalnya dalam bentuk beras, oli mesin motor, dan sisa hasil usaha (SHU) setiap tahun.

Dalam operasional di lapangan, pihak koperasi tidak memberlakukan potong tiap trip, tapi dalam bentuk setoran. Itu pun hanya diberlakukan selama 25 hari. Setelah tanggal 25, maka seluruh pendapatan menjadi milik anggota.

“Karena dikelola dalam bentuk koperasi, maka kedudukan kami setara, tidak ada mitra dan tidak ada yang lebih atas,” kata Budi.

Melalui koperasi, dia berharap, ke depan BeUJEK bisa mendorong pemberdayaan masyarakat dan memberi peluang kepada masyarakat mendapatkan pekerjaan dan penghasilan.

“Ini juga salah satu cara untuk menjawab tantangan dalam mengatasi masalah tenaga kerja,” kata Depok. (Joel)

 

News Feed