oleh

FKPT DKI Jakarta Siapkan 90 Kader Perempuan Aktif  sebagai Agen Perdamaian

-Nasional-18 views

 Jakarta, Monasnews.com  – Stabilitas politik dan keamanan di Jakarta merupakan kondisi yang dibutuhkan untuk jalannya pemerintahan. Karena itu, antisipasi keamanan baik yang diakibatkan dari dinamika politik maupun akibat aksi terorisme tentu harus  dideteksi sejak dini. Caranya yaitu dengan melibatkan seluruh unsur yang ada di masyarakat termasuk peranan para perempuannya.

Dalam rangka menjaga Stabilitas politik dan keamanan di Jakarta itulah Fokrum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jakarta melalui Bidang Anak & Perempuan bersama Subdit Pemberdayaan Masyarakat Direktorat Pencegahan BNPT menjalin sinergitas pencegahan radikalisme dan terorisme dengan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi kepada tokoh-tokoh perempuan  bertema “Pelibatan Perempuan sebagai Agen Perdamaian.”

Kegiatan yang diikuti 90 orang dari unsur unsur Pemerintah (Forkompinda), Perempuan Lintas Agama, dan Ormas-2 Perempuan yang ada di DKI Jakarta ini dilaksanakan pada Kamis, 3 September Tahun 2020, bertempat  di Ball Room – Best Western Premier The Hive Hotel, Jl. DI Panjaitan Kav.  3-4,  Jakarta Timur.

Dalam paparannya, Kepala Badan Kesbangpol DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri, Msi  mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk untuk memberikan gambaran rencana garis besar kegiatan pelibatan “Perempuan sebagai Agen Perdamaian” dalam pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Masyarakat melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) DKI Jakarta.

“Tujuannya yaitu sebagai acuan pelaksanaan dan evaluasi kegiatan Pelibatan Perempuan sebagai Agen Perdamaian dalam pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Masyarakat melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) DKI Jakarta,” ujar Taufan.

Taufan menambahkan, ke depan dalam rangka pelibatan peran perempuan untuk mencegah faham dan aksi terorisme, Kesbangpol DKI Jakarta akan mengagendakan pertemuan Zoom antara Wakil Ketua PKK DKI Jakarta dengan 59 ormas peremuan yang ada di Jakarta.

“Kami berharap usai ikuti kegiatan ini, DKI sudah punya 90 Kader Perempuan Agen Perdamaian,” ujar Taufan.

Sementara itu, Kabid Perempuan & Anak DR. Nieke Ms, SH.MM.dalam laporan kegiatannya mengatakan bahwa forum ini dimaksudkan untuk  lebih menekankan adanya sinergitas kerja sama pelibatan perempuan sebagai agen perdamaian antara Kabid Pemberdayaan Masy Direktorat Pencegahan BNPT bersama FKPT DKI Jakarta.

Adapun narasumber pada kegiatan ini selain Taufan yaitu Inspektur BNPT,  Buntoro, Ak, Manager Program AMAN Indonesia,  Siti Hanifah, Kabid Perempuan & Anak DR. Nieke Ms, SH.MM dengan dipandu oleh DR. Habib Setiawan.

Kegiatan ini menghadirkan Wagub DKI Jakarta  yang juga selaku Wakil Ketua 1 TP PKK DKI Jakarta, Elissa Sumarlin ini diikuti oleh sekitar 90 peserta dari unsur Pemerintah (Forkompinda), Perempuan Lintas Agama, serta Ormas-2 Perempuan yang ada di DKI Jakarta. Oleh karena itu diharapkan partisipasi penuh peserta dari awal hingga akhir kegiatan ini. (Zul)

News Feed