oleh

Kemendagri Tetapkan Syaiful Rustam Sebagai Sekda Kota Solok Definitif

-Nasional-12 views

SOLOK – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menetapkan Drs Syaiful Rustam, M.Si, sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solok yang baru. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Solok tersebut, menyisihkan dua kandidat lain dalam rangkaian proses seleksi. Yakni Asisten Bidang Pemerintahan (Asisten 1) Pemko Solok Drs Nova Elfino, dan Keplaa Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Solok Selatan, Drs Efi Yandri, M.Si. Saat ini, Sekda Kota Solok dijabat oleh Drs Luhur Budianda, SY, M.Si sebagai pejabat Sekda. Luhur Budianda sebelumnya menggantikan Pj Sekda Sebelummya Drs Nova Elfino, yang telah tiga bulan menjabat, usai posisi tersebut dojabat Sekda Definitif sebelumnya, Drs Rusdianto, M.Si.

Syaiful Rustam merupakan pamong senior di Pemko Solok. Jebolan APDN ini menghabiskan seluruh kariernya di Pemko Solok dengan memangku sejumlah jabatan penting di Kota Beras Serambi Madinah. Di antaranya, pernah menjabat Camat Tanjung Harapan, Kasat Pol PP, Kabag Pemerintahan, Kabag Humas, Kepala Kantor Kesbangpol, Kepala Dinas Kebersihan dan Tata Ruang, lalu menjadi Asisten Pemerintahan, dan terakhir dipercaya menjabat Kadis Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kota Solok.

Sebelumnya dalam tahapan seleksi di tingkat panitia seleksi (Pansel) Pemko Solok, lima kandidat mendaftar sebagai Calon Sekda. Yakni Drs. Efi Yandri, M Jonni, Jefrizal, Syaiful Rustam dan Nova Elfino. Dari hasil seleksi, Pansel Pemko Solok mengirimkan tiga nama ke Kementerian Dalam Negeri untuk dilakukan penilaian. Dan akhirnya terpilihlah Syaiful Rustam untuk ditetapkan sebagai sekda definitif.

Walikota Solok Zul Elfian menyatakan dengan telah keluarnya keputusan dari Kemendagri tersebut, pihaknya akan segera melakukan pelantikan.

“Dalam waktu dekat, akan dilantik Sekda yang baru. Direncanakan dilantik pada Rabu mendatang (3/6/2020) di Gedung Kubuang Tigo Baleh. Prosesi pelantikan akan disesuaikan dengan standar protokol Covid-19,” ujar Zul Elfian. (LTF)

(Sumber : Patronnews.co.id)

News Feed