oleh

Tingkatkan Keamanan, Pam Swakarsa Pemuda Pancasila Ajak Warga Patroli

-Nasional-155 views

Monasnews.com, Temanggung – Dalam rangka pelaksanakan pengamanan di wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Pemuda Pancasila melaksanakan patroli Pam Swakarsa bersama para Anggota dan Satuan KOTI MAHATIDANA yang merupakan unsur satuan pengamanan PP bekerjasama dengan mitra Simpatisan di lingkungan wilayah desa Kab Temanggung.

Komandan Regu patroli Swakarsa Jumat malam ini Donny Sulistyo (36th) memimpin sendiri patroli Swakarsa.

Donny mengatakan, pentingnya PAM Swakarsa dilakukan dengan cara menggandeng para kader PP di tingkat desa serta mengajak tokoh masyarakat desa sehingga kegiatan patroli pengamanan swakarsa nantinya dapat di laksanakan dengan penuh kesadaran oleh warga yang lain

“Kegiatan ini adalah murni dari munculnya rasa keprihatinan dan kepedulian karena maraknya gangguan keamanan di wilayah temanggung baru baru ini pasca pandemi covid 19 dengan adanya kejahatan pencurian, begal di desa desa,” ujar Donny.

Kegiatan Solidaritas dari Pemuda Pancasila ini bertujuan untuk membantu TNI-POLRI manunggal dengan rakyat bergotong royong guna melaksanakan fungsi keamanan wilayah khususnya. Ternasuk guna meningkatkan kemampuan sistem keamanan lingkungan dengan patroli masuk masuk desa.

Sementara PAM Swakarsa itu sendiri merupakan suatu bentuk satuan pengamanan yang diadakan atas kemauan, kesadaran dan untuk kepentingan warga masyarakat itu sendiri.

Donny menambahkan,
Patroli bertujuan memberikan rasa aman serta mencegah terjadinya tindak kejahatan dan untuk menekan kriminalitas di wilayah ujar Komendan Regu patroli.

Dalam kesempatan tersebut Dan Regu Patroli memberikan himbauan dan arahan pada personil patroli juga warga masyarakat yang dilewati oleh rute patroli tentang perlunya meningkatkan kewaspadaan saat melaksanakan siskamling terutama menjelang pagi hari di karenakan di saat itu orang tertidur pulas sehingga sering terjadi kejahatan pada saat itu.

Patroli Pam Swakarsa dilaksanakan setiap hari dan di mulai dari pukul 21:00 hingga 04:00 pagi dengan menggunakan satu unit mobil patroli PP yang berisi 9 personil gabungan anggota PP, simpatisan PP dan Kotimahatidana PP.

“Apabila ada tamu yang datang atau bertamu ke rumah warga sebaiknya harus meninggalkan identitas dan juga harus di awasi. Dan apabila ada permasalahan di wilayah sekecil apapun atau kejadian apapun segera di laporkan ke aparat terkait,” ucap Komandan Regu Donny Sulityo menutup wawancara singkat kami. (Danang)

News Feed