oleh

INDONESIA DARURAT PANCASILA DITENGAH WABAH COVID-19

-Nasional-207 views

Indonesia adalah produk sebuah kontrak sosial yang disahkan berdasarkan prinsip Bhineka Tunggal Ika, yaitu kebhinekaan agama, suku, budaya, aliran, bahasa, daerah dan lainnya dalam kesatuan sebagai sebuah bangsa dan negara yang disepakati.

Pancasila adalah dasar ideologi-ideologi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Indonesia dan Pancasila sedang diuji dengan peristiwa wabah corona virus covid-19 dimana kondisi saat ini menimbulkan ketegangan sosial pada lapisan masyarakat yang terdampak wabah tersebut .

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
Beribadah di rumah serta untuk sementara dilarang Melakukan ritual keagamaan berjama’ah karena dikhawatirkan manambah banyak korban dan memudahkan penyebaran Corona Virus Covid-19 untuk semua agama yang ada di Indonesia dan di dunia, namun sebagai umat beragama kita tetap bersama-sama wajib mendekatkan diri dan berdo’a kepada Tuhan Maha Esa agar corona virus segera diangkat oleh-NYA dan kita terhindar dari segala wabah penyakit yang disebabkan oleh corona virus.

2. Kemanusian Yang Adil Dan Beradab
Mari kita mengupayakan terus untuk saling memanusiakan manusia dan memperlakukan saudara sebangsa tanpa memandang soal agama, suku, ras dan budaya namun tempatkan sisi kemanusiaan kita sebagai Bangsa yang beradab serta mampu berlaku adil dalam menolong mereka yang sudah berjuang digaris depan dalam perang melawan Covid-19, jangan ada lagi penolakan pemakaman tenaga medis atau siapapun yang meninggal akibat corona virus dan utamakan bantuan untuk mereka yang membutuhkan sesuai kemampuan.

3. Persatuan Indonesia
Kita harus bersatu dan bersama-sama Lawan Covid-19 dengan saling menguatkan untuk mengurangi penyebaran dan penularan, serta meninggalkan kepentingan politik, golongan dan kelompok, bantu Negara dengan segenap kemampuan yang kita miliki, utamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan lainnya, termasuk mematuhi segala himbauan pemerintah dalam penanganan wabah covid-19.

4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawatan Perwakilan
Setiap pemimpin apapun tingkatannya mulai Presiden, Menteri, Gubernur, Bupati/Walikota dan semua anggota DPR (Pusat s.d Daerah) jadilah kalian bijaksana menyikapi semua persoalan bangsa akibat adanya Pandemi Covid-19 utamakan cara-cara musyawarah dalam mengambil keputusan agar manfaatnya dapat dirasakan dan menenangkan untuk rakyat

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Adil tidak harus sama tapi keadilan haruslah dapat dirasakan bersama dan mensyukuri karena jika keputusan dan kebijakan yang diambil oleh pemerintah bersama DPR dalam penanganan Covid-19. Jika terasa tidak adil bagi perasaan masyarakat maka hilanglah kepercayaan rakyat dan dapat menimbulkan kekecewaan yang berakibat fatal bagi kehidupan kita berbangsa dan bernegara, maka dari itu kita perlu keterbukaan terhadap penggunaan keuangan negara dalam penanganan covid-19 serta contohkan Gotong Royong yang harus dimulai dari para pemimpin negara, agar beban menjadi ringan bagi kita semua. Hanya do’a dan ikhtiar yang maksimal yang perlu kita lakukan bersama-sama selebihnya kita pasrahkan pada pemilik kehidupan ini. Semoga Allah SWT/Tuhan YME selalu melindungi dan memberikan kekuatan pada kita semua agar bisa menghadapi ujian kesulitan, ketakutan dan kekurangan yang kita rasakan saat ini.
Aamiin… Amin… Amin… Ya Robb.

Saatnya Ormas Pemuda Pancasila bergerak dlm membantu masyarakat utk menunjukan Pengamalannya terhadap butir2 Pancasila….Sekali Layar Terkembang Surut Kita Berpantang..Pancasila Abadi!!!

PENULIS : H.Arif Rahman SH Sekjen MPN Pemuda Pancasila

News Feed