oleh

Jokowi Lantik Kepala BP2MI, Ini Komentar Ketua Umum Serikat Pekerja Perikanan Indonesia PPI Titip Agenda Pembenahan PMI

-Naker-21 views

Jakarta, Monasnews.com –  Serikat Pekerja Perikanan (SPPI) Indonesia akhirnya lega setelah ditunggu sekian lama Presiden Jokowi melantik politisi Partai Hanura, Benny Rhamdani sebagi Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/4).

“Kita harapkan dengan adanya Kepala BP2MI yang baru bisa fokus terhadap perlindungan dan kesejahteraan pekerja migran dan keluarganya, hindarkan dari kebijakan-kebijakan yang tumpang tindih, perlakukan pekerja migran sebagai pahlawan devisa yang sebenarnya, bukan diperhatikan jika dibutuhkan saja,” ujar Ketua Umum SPPI, Achdiyat Ilyas Pangestu dalam kiriman rilis yang diterima redaksi di Jakarta, Kamis (15/4/2020).

Menurut Ilyas, jika dikelola dengan profesional, merdeka dan kepastian hukum tidak menutup kemungkinan devisa dari PMI bisa dikelola pemerintah sebagai alternatif investasi di dalam negeri.

Selain itu, kata Ilyas, PMI terdampak covid 19 juga harus terpetakan dengan baik dan mendapat perhatian pemerintah dengan asas keadilan sebagai rakyat Indonesia, dan perlu diketahui bahwa PMI terdampak Covid bukan hanya yang sudah di luar negeri tetapi yang persiapan berangkat serta jangan terlupa keluarga PMI.

Seperti diberitakan sejumlah media, usai pembacaan sumpah jabatan, acara selanjutnya yakni penandatangan. suasana di istana, prosesi pelantikan kali ini tampak tak seperti biasanya. Pihak istana membatasi jumlah tamu yang hadir dan juga menjalankan protokol kesehatan lainnya seperti mengenakan masker dan menjaga jarak fisik.

Sementara itu, usai pelantikan, Benny menyampaikan fokus utamanya setelah menjabat sebagai Kepala BP2MI yakni terkait kepulangan PMI paska pemerintah negara penempatan memberlakukan kebijakan Lockdown.

Menurutnya, pemerintah memberikan jaminan kepada para pekerja migran tersebut untuk mendapatkan layanan kesehatan setibanya di Indonesia sesuai dengan standar protokol kesehatan. pemulangan para tenaga kerja Indonesia yang kini mengalami peningkatan sejak terjadinya pandemi Covid-19.

“Yang paling penting adalah kepulangan para tenaga kerja Indonesia ini mengalami peningkatan karena terkait wabah virus Corona di negara-negara di mana mereka ditempatkan dan bahkan gelombang kepulangan tenaga kerja ini semakin besar, itu menjelang bulan puasa ramadhan dan juga Idul Fitri,” ujar dia. (Ade)

News Feed