oleh

Merasa Ada yang Lebih Memerlukan, Warga Malalak Agam Ramai Mengembalikan Bantuan

-Nasional-435 views

Sumbar – Publik dibuat terharu dengan aksi viralnya video seorang nenek yang mengembalikan beras bantuan dan malah memilih sebungkus garam untuknya.

Diketahui nenek tersebut biasa disapa Amai Opet (72) warga Jorong Sigiran Kenagarian Malalak Utara, kecamatan Malalak Kabupaten Agam Sumatera Barat.

“Den agiahkan ka urang nan mambutuhkan (red-Saya berikan ke yang membutuhkan),” ucap Amai Opet saat Satgas COVID-19 Nagari Malalak Utara menyerah bantuan beras kepadanya.

Aksi Amai Opet ini memancing reaksi warganet. Beragam pujian dan doa mengalir di beranda dan kolom komentar di sosial media.

Tak hanya warganet, Anggota DPRD Agam, Noveri Edios, terharu dan bangga dengan apa yang dilakukan nenek tersebut.

“Kita terharu dan bangga dengan keikhlasan dan keridhoan hati beliau yang mau berbagi meski dalam keadaan yang mungkin saja tidak berlebih,” lontar Noveri Edios.

Disebutkan, hal ini pukulan bagi masyarakat penerima bantuan lainnya yang tidak seharusnya menerima.

Wali Nagari Candoang menyerahkan bantuan Covid-19 dari Densos Agam kepada Masyarakat.

“Kalau dilihat sepintas, nenek itu sangat layak sebagai penerima. Namun kelapangan hati dan jiwanya yang jarang dimiliki banyak orang ini, patut dicontoh,” sebut Noveri Edios.

Reaksi juga terlontarkan dari tokoh masyarakat Agam, Firdaus Lukman, hendaknya masyarakat lainnya termancing untuk ikut latah berbuat seperti Amai Opet yang sudah ujur, dengan tulus ikhlas mengembalikan beras bantuan untuknya.

“Jika merasa mampu tapi mendapatkan bantuan, hendaknya kembali menyerahkan ke nagari untuk dibagikan untuk yang lebih layak menerima,” kata Firdaus.

Pada SumbarFokus, Camat Malalak Ricky Eka Putra, Selasa (7/4/2020),mengaku terkejut dengan perbuatan tulus warganya yang terdata dalam DTKS justru mengembalikan beras bantuannya pada Satgas Siaga COVID-19 Nagari di Kecamatan Malalak Kabupaten Agam.

“Tidak hanya Amai Opet, disaat banyak yang protes karena tidak mendapatkan pembagian beras bantuan, sampai hari ini, sekitar 150 warga yang masuk dalam DTKS di Malalak menyatakan keluarga mereka sudah mampu dan menyerahkan kembali beras yang menjadi hak mereka itu, pada pemerintah nagari untuk diserahkan pada masyarakat yang lebih membutuhkan,” sebut Ricky Eka Putra,

Amai Opet adalah salah satu tercatat dalam DTKS dari 873 penerima bantuan beras yang distribusikan 15 ton di Kecamatan Malalak. (007).

News Feed