oleh

Tingkatkan Kompetensi Perusahaan, IFMA Gelar Bimtek Crewing Management

Pemalang, Monasnews.com –Indonesia Fisherman Maning  Agents Association (IFMA) bertempat  di Hotel Regina  Pemalang Jawa Tengah, Hari ini Jumat 13 Maret 2020 melaksanakan Bimtek bagi anggota IFMA dan P3MI.

“Bimtek ini dilaksanakan sekaligus sosialisasi Amanat PM 84 tahun 2013 yang hingga saat ini belum semua perusahaan manning Agency memiliki Surat Ijin Usaha Perekrutan dan Penempatan Awak Kapal (SIUPPAK),” ujar Ketua Umum IFMA, Del Agus kepada monasnews.com, Sabtu (14/3/2020.

Menurut Del Agus, materi bimtek ini mencakup pembahasan (1).tata cara penempatan awak kapal (2). Pengaturan jasa keagenan awak kapal/ maning agency  (3). Kewajiban pemilik siuppak (4). Perkembangan  dan Permasalahan.

Dalam acara yang dihadiri oleh 52 Perusahaan yang terdiri dari anggota IFMA, Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) serta Narasumber dari DJPL ( Direktorat Jenderal Perhubungan Laut) P3I (Perkumpulan Pekerja Pelaut Indonesia), Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) dalam Bimbingan Teknis tersebut dibahas mengenai Syarat Usaha Manning Agency, syarat SIUPPAK, tata cara ber CBA (Collective Bargaining Agreement), Standar Pengujian Tingkat Kesehatan dan Sertifikat Kesehatan Pelaut, Standar Pelatihan, Sertifikasi dan Dinas Jaga Bagi Awak Kapal Penangkapan Ikan.

Del Agus mengharapkan, dengan diadakannya Bimbingan Teknis ini diharapkan seluruh Anggota IFMA atau yang berminat memiliki Surat Ijin Usaha Perekrutan dan Penempatan Awak Kapal (SIUPPAK).

Sementara itu, Johny salah satu panitia yang ikut hadir dalam acara bimtek menjelaskan bahwa penempatan awak kapal masih bisa menggunakan SIUPPAK yang diterbitkan oleh Kemenhub.

Terkait penempatan awak Kapal itu PP nya juga harus diendos oleh Sahbandar, Capten Guntur menjelaskan bahwa hal ini tercakup dengan jelas dalam pasal 34 ayat 1 dan ayat 8 RPP yang segera disyahkan, apalagi Buku Pelaut yang menerbitkan juga Perhubungan artinya tetap saja menginduk.pada UU 17 tahun 2008.  (Zul)

News Feed