oleh

Kesbangpol DKI Jakarta  Harapkan Coffee Morning FPK Hasilkan Semangat Persatuan atas Dasar Kebangsaan

-Nasional-21 views

Jakarta, Monasnews.com –   Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri, M.Si mengharapkan kegiatan Coffee Morning yang diadakan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kesbangpol DKI Jakarta pada Selasa (3/3) di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (3/3) ini bisa menghasilkan semangat persatuan atas dasar kebangsaan.

Pesan itu disampaikan Taufan kepada wartawan monasnews.com usai memberikan laporan pada kegiatan yang pertama digelar oleh Kesbangpol DKI Jakarta di tahun 2020 bertema “Coffee Morning Pembauran Kebangsaan Tahun 2020.”

Menurut Taufan, visi dan misi gubernur provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan periode tahun 2017-2022 yaitu “Jakarta kota maju lestari dan berbudaya yang warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban, keadilan dan kesejahteraan bagi semua”. Semua unsur SKPD harus bersinergi untuk “menjadikan Jakarta ibukota yang dinamis sebagai simbol kemajuan Indonesia yang bercirikan keadilan, kebangsaan dan kebhinekaan.

Taufan menjelaskan, peran para ketua dan anggota FPK, FKDM, FKUB dan FKPT serta kompenen SKPD lainnya sangat penting bagi kesuksesan pembangunan di DKI Jakarta karena pembauran kebangsaan secara luas bermakna adanya suasana persaudaraan dan kebersamaan antar semua suku agama dan ras.

Semangat kebangsaan adalah bagian dari wawasan kebangsaan berdasarkan Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara serta pembukaan undang-undang dasar Republik Indonesia tahun 1945, merupakan pendorong dan motivasi dalam mengisi kemerdekaan atau pembangunan guna mempertahankan tegaknya atau kelangsungan NKRI. Seluruh perbedaan di negeri ini harus disatukan oleh rasa kebangsaan, oleh cinta tanah air, cinta Indonesia.

Melalui kegiatan ini, kata Taufan ingin mengatakan bahwa persoalan bangsa yang besar dan semakin berat ini hanya mungkin diatasi apabila masyarakat termasuk para ketua SKPD memiliki kesadaran bersama dalam membangun satu bangsa.

“Kita harus bersatu di dalam mengatasi berbagai persoalan pembangunan nasional hanya dengan persatuan itulah kita dapat tegak dan berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi serta kepribadian dan berkebudayaan,” papar Taufan yang juga pengurus FKPT DKI Jakarta.

Senada dengan Taufan, Pangdam Jaya, Eko Margiyono mengharapkan agar Pemda DKI Jakarta ke depannya ikut membangun asrama bersamna untuk mahasiswa yang belajar di Jakarta. Dengan adanya asrama mahasiwa lintas etnis diharapkan tidak ada lagi persaudaraan atas dasar kesukuan tetapi persaudaraan atas dasar kebangsaan.

Kegiatan Coffee Morning ini menghadirkan sebuah Diskusi Interaktif berupa tanya jawab dengan tema “Membangun Sinergitas dan Pemberdayaan Masyarakat” bersama tiga narasumber, yakni Ketua FPK DKI Jakarta, Zamak Sari, Kepala Seksi  Survelens Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ngabila Salama, dan Kasie Sumber Daya Air DKI Jakarta, Ir. Dudi Gardesia.

Pada sesi tanya jawab, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak FKPT DKI Jakarta, Nieke  banyak memberikan masukan dan saran terkait penanganan pencegahan Virus Corona dan penyelesaian masalah banjir di ibukota.

“Kami mengharapkan agar DKI Jakarta memiliki data base aktual terkait wilayah-wilayah yang terkena banjir serta manajemen penanganannya. Termasuk bagaimana humas pemrov DKI Jakarta harus berperan optimal dalam mengkonter bully di medsos terhadap Pak Anies yang sudah susah payah membangun Jakarta,” harap Nieke.

Peserta sebanyak 150 orang, antara lain berasal dari Perangkat Daerah, Badan Penghubung Pemerintah Perwakilan dari seluruh Provinsi Indonesia, FKDM, FKPT, PPWK, FKUB, dan FPK Provinsi di 5 wilayah kota dan administrasi.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kapolda Metro Jaya, Nana Sudjana; Pangdam Jaya Mayjen TNI, Eko Margiyono; Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I, Ahmad Maskuri; Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan, Ditjen Polpum Kemendagri RI; Jajaran Forkominda Provinsi DKI Jakarta; Para Pimpinan DPRD Provinsi DKI Jakarta; Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah; Para Kepala Badan Penghubung Provinsi se-Indonesia; Para Pejabat Pemprov DKI Jakarta; serta Para Pimpinan Organisasi Masyarakat. (Zul)

News Feed