oleh

PEMDA TOLITOLI GELAR WORKSHOP PENYUSUNAN LPPD DAN EKPPD

-Nasional-19 views

Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli melalui Bagian Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Kabupaten Tolitoli menyelenggarakan Workshop Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) serta Laporan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD).

Kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk desk berbasis edukasi dan akurasi data itu, dibuka oleh Bupati Tolitoli diwakili Asisten Sekretaris Daerah bidang Pemerintahan Anhar Dg. Mallawa, SE di aula gedung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tolitoli Jumat sore (18/10).

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Kabupaten Tolitoli, Hasdono SSTP M.AP selaku penyelenggara kegiatan itu melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah daerah dalam rangka peningkatan LPPD kepada Pemerintah Pusat dan Provinsi serta laporan ke Pemerintah berdasarkan hasil evaluasi.

Tujuannya antara lain melakukan pembinaan dan fasilitasi dalam rangka peningkatan kinerja pemerintahan daerah melalui program pengembangan kapasitas daerah.

Pengembangan kapasitas dapat berupa fasilitasi di bidang kerangka kebijakan, kelembagaaan dan sumber daya manusia.

Bupati Tolitoli dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Anhar Dg. Mallawa, SE menyampaikan bahwa Laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah atau LPPD menjelaskan arah kebijakan umum pemerintahan daerah, pengelolaan keuangan daerah secara makro termasuk pendapatan dan belanja daerah, penyelenggaraan urusan desentralisasi, penyelenggaraan tugas pembantuan serta penyelenggaraan tugas umum pemerintahan.

Penyelenggaraan urusan pemerintahan sesuai kewenangan itu terdiri dari urusan wajib dan pilihan yang pada dasarnya merupakan pelaksanaan hubungan kewenangan antar pemerintah dan pemerintah daerah atau antar pemerintahan daerah yang saling terkait dan simetris sebagai satu sistem pemerintahan.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa LPPD juga menggambarkan pencapaian kinerja dalam penyelenggaraan urusan-urusan yang secara teknis dilaksanakan oleh perangkat daerah. Oleh sebab itu, Bupati menghimbau agar setelah mengikuti workshop, seluruh perangkat daerah memberikan dukungan penuh untuk kelancaran penyusunan LPPD.

Kegiatan tersebut, menghadirkan pemateri dari Biro Administrasi Otonomi Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Reza Purwansyah dan Inspektur Inspektorat Kabupaten Tolitoli dengan peserta seluruh Kepala Sub Bagian Program pada tiap Perangkat Daerah Kabupaten Tolitoli. (Lutfi / Aulia)

News Feed