oleh

Kodim 1607/Sumbawa kawal pembagian buku tabungan untuk genjot tahap Rehab Rekon.

-Nasional-39 views

Sumbawa – Kodim 1607/Sumbawa mengawal proses pembagian Buku Tabungan dana Stimulan bagi korban gempa bumi oleh BPBD Kabupaten Sumbawa beserta Pihak Bank BRI dan Bank BNI Cabang Sumbawa.

Sesuai dengan SK penetapan penerima bantuan dana stimulan yaitu, SK 7 – SK 12 Bupati Sumbawa atau hasil dari Review BNPB Pusat.

Dengan hasil tersebut total dana yang terkumpul pada Bank BRI Cabang Sumbawa sebesar Rp 32.035.000.000,-. Sedangkan total dana pada Rekening Bank BNI Cabang Sumbawa berjumlah Rp 14.865.000.000,-.

Untuk SK 7 sampai SK 11 yang telah di Validasi menjadi SK II Proses pembagian buku tabungan pada Bank BRI Cabang Sumbawa dengan jumlah Keseluruhan adalah 514 KK. Dengan RB : 29 KK, RS : 98 KK, RR : 340 KK dengan Total : 467 KK. Untuk 47 KK masih dalam tahap proses. Sedangkan SK 12 yang telah di Validasi menjadi SK III Proses pembagian buku tabungan pada Bank BNI Cabang Sumbawa dengan jumlah keseluruhan 17 KK, yaitu RR : 17 KK. Untuk RR 10 KK telah selesai diproses sedangkan 7 KK masih dalam tahap proses.

Kordinator Wilayah (Korwil) Rehab Rekon Gempa Kabupaten Sumbawa, Sahrul menyampaikan “masyarakat korban gempa sangat terbantu dengan adanya Pelayanan Satu Lokasi untuk pembagian Buku tabungan penerima dana stimulan korban gempa bumi walaupun semuanya harus melalui proses dan mekanisme,” ucap Sahrul.

Komandan Kodim 1607/Sumbawa, Letnan Kolonel Inf Samsul Huda, S.E, M.Sc menyampaikan bahwa Pelaksanaan rehab rekon tahap II di Kabupaten Sumbawa telah dimulai dan kepada semua lapisan masyarakat untuk bekerja sama dan turut serta mendukung mensukseskan program yang dibuat oleh BPBD.

Pemkab Sumbawa, TNI – Polri dan para Fasilitator akan selalu melakukan pendampingan ke masyarakat guna mensukseskan rehab rekon di Kabupaten Sumbawa.

“Kali ini telah dilakukan pembagian buku tabungan kepada masyarakat penerima dana stimulan, agar masyarakat mempedomani SK yang ada untuk tetap tertib dan bersabar. Apa yang telah kami lakukan semata mata hanya untuk membantu masyarakat penerima bantuan,” ucap Dandim.

Dalam kegiatan tersebut dilanjutkan pembentukan pokmas – pokmas sampai dengan proses pembangunan.

Dandim 1607/SBW juga menghimbau agar masyarakat tidak segan – segan untuk melaporkan segala tindak pelanggaran yang terjadi dalam tahap rehab rekon kepada Posko Terpadu ataupun langsung kepada Dandim, apabila harga barang yang terlalu tinggi, pemotongan diluar prosedur, kualitas dan kuantitas barang yang tidak sesuai dengan pemesanan.

“Mulai saat ini untuk proses pendistribusian barang dilaksanakan dengan metode full CARRY on CASH yang artinya barang material harus diantar semua ke lokasi rumah terdampak, di cek jumlah dan kualitasnya. Diverifikasi oleh Fasilitator lalu dana dicairkan ke Suplier,” lanjut Dandim

“Pendaftaran Suplier dengan membuat Fakta integritas bertujuan guna menjamin masyarakat mendapat barang dengan harga terbaik dan mendapatkan jumlah sesuai dengan yang harus diterima,” tambah Letkol Inf Samsul Huda, S.E, M.Sc.

Dari pihak Bank BRI dan Bank BNI Cabang Sumbawa untuk korban penerima dana bantuan stimulan sampai saat ini sudah 4 Desa yang disebarkan yaitu Desa Labu Mapin, Desa Usar Mapin, Desa Kalimango dan Desa Marente. Untuk Bank BRI Cabang Sumbawa berjumlah 979 buku tabungan dan Bank BNI Cabang Sumbawa sejumlah 38 buku tabungan.

Pembagian Buku Tabungan di seluruh wilayah terdampak gempa bumi Kabupaten Sumbawa dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan ataupun di Aula Desa. Pembagian Buku Tabungan dijadwalkan mulai tgl 14 Oktober 2019 s/d tgl 07 November 2019. (*).

News Feed