oleh

Laode Ahmad: Stop Politicking, Saatnya Membangun Indonesia

-Nasional-29 views

 

Jakarta, Monasnews.com – Proses politik panjang yang berlangsung sejak 2018 dengan Pilkada Serentak dilanjutkan Pemilu Serentak berupa Pileg dan Pilrpres 2019 sudah akan berakhir  ditandai dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada 20 Oktober nanti.

“Kita harus stop politicking, dan saatnya mulai membangun bangsa ini,” gugah Direktur Politik Dalam Negeri Kemendagri, Drs. Laode Ahmad Palombo, M.Si ketika membuka kegiatan “Forum Dialog Pendidikan Politik bagi Masyarakat” di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Menurut Laode, segala bentuk politicking seperti hate speech (ujaran kebencian), penyebaran berita hoax, dan provokasi harus segera dihentikan karena selain tidak mendidik juga merusak tatanan demokrasi yang sedang dibangun. Bangsa ini hanya akan maju jika kiita mau meningalkan hate spech dan hoax karena itu merupakan racun demokrasi.

Kemendagri, kata  Loade, terus berupakan melakukan pendidikan politik kepada masyarakat dengan harapan agar mereka kenal akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Melalui pendidikan politik ini, diiringi dengan mengadirkan   para pakar dibidangnya masing-masing diharapkan masyarakat akan kritis dalam menerima informasi, melakukan tabayun (penyaringan sumber informasi), dan tidak latah ikut-ikutan menyebar berita  hoax.

“Forum Dialog Pendidikan Politik bagi Masyarakat ini bertujuan untuk meliterasi masyarakat agar mereka tercerahkan dengan informasi uptodate tentang isu-isu strategis bidang politik,” imbuhnya.

Laode melanjutkan, bahwa sebagai sebuah bangsa kita patut mensyukuri bahwa pelaksanaan Pilkada Serentak dan Pemilu Serentak telah berjalan dengan aman, damai dan sukses pelaksanaanya.

Pemilu, katanya, merupakan eksistensi kedaulatan rakyat dan kita patut bersyukur bahwa Pemilu ini telah berhasil memilih para pemimpin yang sah secara hukum baik di daerah, di legislatif  dan memilih Presiden dan Wakilnya,” ujar Laode ketika membuka

Sementara itu,  Kasubdit  Pendidikan Etika dan Budaya Politik Dirpoldagro, Cahyo Ariawan, M.Si melaporkan kegiatan ini diikuti anggota Organisasi Kemasyarakatan yang ada di Jakarta Barat.

Adapun Narasumber pada kegiatan Forum Dialog Pendidikan Politik yaitu selain Dipoldagri,  juga paparan dari Kasubdit Implementasi Kebijakan Publik, Bangun Sitohang, M.Si, Pakar Pendidikan, Dr. Asdi Chaniago dan praktisi media, Zulfikri D. Jacub. (Abu Alvin / Lutfi).

 

 

News Feed