oleh

Peningkatan Peran Kesbangpol DKI Terus Tingkatkan Peran Strategis Ormas

-Nasional-56 views


BOGOR – PEMERINTAH terus meningktakan peran strategis organisasi kemasyarakatan melalui peningkatan Sumber Daya Manusianya.

“Sebagai mitra kerja pemerintah yang terorganisir dan memiliki peran yang sangat penting dan signifikan dalam merespon berbagai persoalan yang sedang dihadapi bangsa ini ormas dituntut untuk memiliki kemampuan kemandirian yang kuat agar mampu melakukan pencerahan penyadaran dan memberikan teladan kepada masyarakat,” ujar Plt. Kesbangpol DKI Jakarta, Taufan Bakri di Bogor, Senin (17/6/2019).

Menurut Taufan, berbagai permasalahan sosial yang tumbuh dan berkembang tidak berdiri sendiri namun merupakan rentetan persoalan yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya, tidak mengenal tempat dan wilayah sehingga sangat dibutuhkan upaya-upaya bersama dalam mengantisipasi dan mengatasinya dengan membangun komunikasi dan koordinasi.

Sebagaimana kita ketahui bersama Pemilu serentak secara umum berjalan dengan baik kondisi aman dan terkendali meskipun masih diwarnai dengan berbagai permasalahan hal tersebut menjadi gambaran sekaligus bahan evaluasi bersama ke depan masyarakat harus mampu kembali ke Jati Diri masing-masing melepaskan fanatisme atas pilihannya serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa kalaupun bila hanya menang mereka tidak tetap kritis terhadap kinerja pilihannya.

Pemerintah daerah, katanya, dengan berbagai elemen masyarakat nya termasuk format perlu bersama-sama bersinergi meningkatkan kesiapsiagaan dalam upaya meningkatkan kehidupan demokrasi dan mewujudkan kesamaan persepsi yang kuat berkesinambungan sehingga kondusif aman dan damai.

“Saya mengajak kita semua untuk bersama-sama menciptakan situasi yang kondusif aman dan damai sejarah telah mengajarkan kepada kita tentang kunci untuk mengatasi berbagai persoalan adalah rasa persatuan dan kesatuan bangsa rasa bagaimana harus tetap utuh rasa untuk selalu bahu-membahu dan rasa tidak mudah terpecah belah sehingga apapun permasalahan yang dapat teratasi,” ujar Taufan.

Data Kementerian Dalam Negeri sampai dengan Oktober 2018 pertumbuhan jumlah ormas cukup besar sebanyak 395.000 ormas perkembangan jumlah Ormas yang signifikan dengan aktivitas dan dinamika keberadaannya semakin kompleks menuntut tata kelola yang lebih baik lagi.

Melalui pelaksanaan kegiatan ini saya berharap dapat menambah wawasan dan meningkatkan kinerja organisasi kemasyarakatan kita semua sebagai komponen bangsa untuk memantapkan kesadaran akan semangat kebangsaan dan semangat solidaritas dalam mewujudkan persatuan yang harmonis sebagai modal utama dalam pembangunan.

“Mari kita sukses menyelenggarakan pembangunan di ibu kota tercinta Ini berpikiran lebih kritis membentengi diri dengan iman taqwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala serta meningkatkan pemahaman tentang agama dan mempraktekkannya dalam kehidupan,” pungas Taufan. (Endi).



News Feed