oleh

Peluncuran buku “Jiwa semangat dan nilai juang 45” tulisan Dr. Parasian Simanungkalit/Ketua Umum Dpn Gepenta/Anggota Veteran Indonesia

-Nasional-90 views

Pada hari Minggu 24 Februari 2019 bertempat di Gedung KNPI jalan Vendrom/Balam Sepeda Jaktim, Gepenta bersama Veteran Dki Jakarta menyelenggarakan kegiatan Peluncuran buku.

Penulis Buku Dr. Parasian Simanungkalit, mengawali paparannya dengan pembacaan Puisi yang ada dalam buku tersebut “WARISAN PAHLAWAN”. Seperti bangsa bangsa lain yang merdeka tetap mempertahankan identitas bangsanya dan tidak akan mau menghianati jiwa semangat dan nilai juang para pendiri Bangsa dan Negaranya.

Generasi Muda Diharapkan Jaga Warisan Pahlawan Untuk Tetap Tegaknya NKRI Berdasarkan Pancasila

“Ini tersirat bahwa ada satu kesadaran kita bahwa kita ini mewarisi warisan yang sangat berharga dari para pahlawan yaitu kemerdekaan, seluruh bangsa sadar bahwa tugas kita hanya mempeetahankan dan mengisi serta merawat dan mengembangkan warisan ini sehingga bisa lebih baik di kemudian hari dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat kita,” ucap Parasian saat meluncurkan buku “Jiwa semangat dan nilai juang 45 dan puisi “Warisan Pahlawan” yang digelar di Gedung KNPI DKI Jakarta Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu (24/02/2019).

Parasian menambahkan, warisan pahlawan yang diinginkan oleh pahlawan bukan mewariskan kekayaan dan kesrjahteraan, karena ini dicapai dalam mengisi kemerdekaan, tetapi mewariskan jiwa, semangat dan nilai juang 45, yang rela berkorban mempertahankan kemerdekaan itu. Bagaimana mampu merebut kemerdekaan dan bagaimana memelihara kemerdekaan untuk tetap tegaknya NKRI berdasarkan Pancasila dan undang-undang Dasar 45.

“Kita sudah mempunyai pengalaman yang pahit di dalam seluruh perjuangan bangsa Indonesia, ada pemberontakan pemberontakan yang dilakukan oleh Muso. DI/TII, PRRI/PERMESTA, OPM, G30S PKI, GAM, yang dihasilkan adalah penderitaan rakyat. Para pahlawan dan Veteran sudah berlalu dan sekarang kami sebagai orang-orang yang sudah tua, Hanya kami berharap kepada Generasi penerus, generasi muda untuk mempertahankan dana memelihara kemerdekaan untuk tetap tegaknya NKRI berdasarkan Pancasila” ujarnya.

Untuk itulah, Parasian mengingatkan agar seluruh rakyat Indonesia tetap bersatu. Apabila terpecah, maka menurut Parasian warisan pahlawan itu akan sia-sia, kemerdekaan dan apa yang dicapai setelah kemerdekaan itu akan memudar dan membuat rakyat menderita karea akan ada perang antar anak bangsa seperti apa yang kejadian di jazirah Arab.

“TNI dan Polri, Mahasiswa dan pemuda pemuda bangsa Indonesia sebagai generasi penerus mau melaksanakan dan meniru bagaimana kami sebagai orang tuanya kakeknya yang berjuang untuk merebut memelihara kemerdekaan itu” pungkasnya.(Lutfi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

15 komentar

News Feed