oleh

Warga 08 Perumahan Pondok Gede Permai Programkan Pendirian Bank Sampah

-Daerah-51 views

BEKASI – DALAM rangka mendirikan Bank Sampah di RW 08 Perumahan Pondok Gede Permain, di Bekasi Barat, Pimpinan RW 08 Bapak Doody melakukan kunjungan ke KP2C Pondok Gede guna melihat bagaimana pengelolaan Bank Sampah.

Seperti diketahui, di lingkungan Kecamatan Jati Asih, Pondok Gede kini telah berdiri Bank Sampah sejak tahun 2017 di bawah pimpinan Bapak Mukhlis. Dengan adanya Bank Sampah, warga tidak lagi membuang sampah sembarangan lantaran tiap sampah berupa botol plastik, besi bekas almunium hingga kardus bisa dikumpulkan warga dan dijual ke pengolola Bank Sampah. Uang yang terkumpul nantinya bisa diambil 1 bulan sekali atau 1 tahun sekali.

“Salut untuk Bank Sampah Nusa Indah RW 08. Dengan adanya Bank Sampah lingkungan terjaga, Sebagai warga kami sangat terbantu.Insya Allah bisa menginspirasi warga lain,” ujar Ibu Mince warga RW 08, Bekasi, Minggu (03/02/2018).

Menurut Ibu Minces, sebelum ada Bank Sampah warga di sekitar rumahnya kurang peduli dengan kebersihan lingkungan. Masyarakat melihat sampah ini sebagai beban kotor yang bau dan bisa menyebarkan penyakit. Namun kini dengan adanya Bank Sampah di KP2C RW 08, masyarakat melihat sampah sebagai sesuatu yang berpotensi ekonomi.

“Warga pun mulai antusias memisahkan mana sampah organik dan sampah plastik. Sampah plastik seperti bekas gelas aqua dan botolnya jika diberikan ke pengelola bank sampah selama 1 bulan setelah ditimbang dan dicatat nanti bisa menjadi uang bagi ibu-ibu rumah tangga,” terang Minces. (Tarmizi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed