oleh

KOMUNIKASI SOSIAL KEMASYARAKATAN DAN PEMBAHASAN ISU-ISU STRATEGIS BIDANG ORGANISASI KEMASYARAKATAN

-Nasional-106 views

Kementerian Dalam Negeri, pada hari Sabtu (17/11/2018) menggelar kegiatan Komunikasi Sosial Kemasyarakatan dan Pembahasan Isu-Isu Strategis Bidang Organisasi Kemasyarakatan, di kantor LPOI, Jalan Kramat, Senen, Jakarta Pusat. Peserta yang hadir yakni 150 orang, dari elemen pengurus berbagai organisasi kemasyarakatan Islam yang tergabung dalam Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI).
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Said Aqil Siroj (Ketua LPOI), Lutfi MA Tamimi (Sekum LPOI), Mayjen Soedarmo (Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri), Brigjen (Pol) Merdisyam (Direktur Sosial Budaya Bantelkam Polri), dan Arief Tugiman (Staf Khusus BIN).
Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah dan Ormas harus melakukan komunikasi yang baik secara intensif. Baik Ormas maupun Pemerintah harus bersinergi. Ormas adalah mitra pemerintah, dan Ormas berperan penting dalam memberdayakan masyarakat.
Lebih lanjut dijelaskan pula bahwa Peran Ormas sangat penting dalam mengantisipasi situasi global yang sangat dinamis. Situasi global tersebut tentunya akan berimplikasi pada situasi Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya di Indonesia. Bangsa Indonesia harus siap untuk dihadapkan pada tantangan yang besar terutama dengan muncul semangat fundamentalisme dan ultra-nasionalisme yang mengancam Kebhinekaan Indonesia.
Bahwa pada saat ini, ketahanan nasional Indonesia berada pada kondisi “kurang tangguh”. Gatra ideologi, utamanya terkait dengan wawsan kebangsaan, nasionalisme, dan kecintaan terhadap tanah air mengalami penurunan. Untuk itu, diperlukan upaya dari berbagai pihak, termasuk LPOI untuk dapat berperan serta menumbuhkan rasa nasionalisme masyarakat, dan tentunya juga menjaga Pancasila.
Jumlah Ormas saat ini berjumlah 396.876. Dengan begitu masifnya pertumbuhan Ormas, maka peningkatan peran dan fungsi ormas juga harus ditingkatkan. Selain itu, perlu juga untuk didorong terbentuknya kader-kader sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan ber-akhlakul karimah, memiliki karakter dan jati diri serta berwawasan kebangsaan dan cinta tanah air.
Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri pada kesempatan ini juga menegaskan bahwa ormas islam berperan penting dalam menjaga kondusifitas pelaksanaan Pemilu 2019. Dengan maraknya hoax, black campaign dan money politic dewasa ini, ditakutkan perpecahan terjadi di tengah masyarakat. Dalam hal ini Ormas dapat menjadi filter sekaligus pembendung, dengan membangun kesadaran diantara para kadernya dan pemberian edukasi kepada masyarakat, sehingga pada akhirnya kerukunan, persaudaraan, dan persatuan Indonesia dapat dijaga.(Kemendagri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

9 komentar

  1. Hello there, just became alert to your blog through Google, and found that it’s
    really informative. I am gonna watch out for brussels.
    I will be grateful if you continue this in future.
    A lot of people will be benefited from your writing.
    Cheers! cheap flights y2yxvvfw

  2. I really like your blog.. very nice colors & theme. Did you design this
    website yourself or did you hire someone to do it for you? Plz
    reply as I’m looking to construct my own blog and would like to know where u
    got this from. thanks

  3. Usually I don’t learn post on blogs, however I would like to say
    that this write-up very pressured me to try and do so! Your writing taste has been surprised me.
    Thank you, quite great article.

  4. You actually make it seem so easy with your presentation but
    I find this matter to be really something that I think I would never understand.
    It seems too complicated and extremely broad for me.
    I’m looking forward for your next post, I will try to get the hang
    of it!

  5. Hi there, i read your blog occasionally and i own a similar one and i was just curious if you get a lot of
    spam comments? If so how do you protect against it, any plugin or anything
    you can advise? I get so much lately it’s driving me insane so any support is very
    much appreciated.

News Feed