oleh

Kesbangpol DKI Jakarta Ajak Caleg Jadi Agen Perubahan

-Politik-53 views

CISARUA Ė †KESBANGPOL DKI†Jakarta bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)† menggelar Pendidikan Politik Cerdas Berintegritas (PCB) untuk para calon anggota legislatif selama 3 hari ke depan mulai hari Selasa-Jumat, †18-21 September 2018.

Kegiatan yang diadakan di hotel Puncak Raya, Cisarua Bogor, Jawa Barat ini diikuti 40 para caleg dari 16 partai politik yang telah terdaftar sebagai peserta pemilihan legislatif pada Pemilu 2019.

Dalam sambutannya Kepala Plt. Kesbangpol DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri, M.Si mengatakan bahwa dengan posisi partai politik yang sangat strategis sebagai fungsi pembuat undang-undang, fungsi pengawasan, dan fungsi budgeting, partai politik menjadi mitra strategis pemerintah dalam membangun demokrasi di ibukota.

Karena itu, terkait para calon anggota legislatif yang akan menjadi legislator di tahun 2019,† para caleg perlu memiliki pemahaman yang cukup komprehensif tentang menjadi partai anggota Partai politik yang bersih, cerdas dan berintegritas.

Untuk itulah Kesbangpol DKI mengajak para caleg untuk sejak dini mengubah mindset paradigma tentang berpolitik itu sesuatu yang positif dan menjadi politisi harus bisa membawa manfaat untuk kehidupan publik.

Diakuinya, kepercayaan publik kepada parpol belakangan ini menurun drastis. Hal tertangkap tangan oleh KPK, terdiri dari 57 orang kepala daerah dan 60 orang anggota legislatif. Bahkan, terakhir ada 41 orang anggota DPRD kota Malang yang juga terkenal operasi tangkap tangan KPK.

ďKorupsi sudah merupakan ĎBenalu Sosialí yang merusak seluruh tatanan kehidupan sosial merusak struktur pemerintahan dan menjadi penghambat utama tercapainya program pembangunan korupsi juga menghancurkan tata ekonomi yang berakibat terjadinya ketimpangan sosial,Ē paparnya.

Karena itu, melalui kegiatan politik cerdas berintegritas, Kesbangpol DKI berupaya untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan korupsi dan ini harus menjadi perhatian kita bersama.

Taufan menyebut bahwa komitmen Kesbangpol DKI Jakarta dan KPK untuk menggelar PCB ini tidak lain adalah karena partai politik dipandang sebagai pabrik yang menduduki jabatan-jabatan strategis dan menjadi pengambil kebijakan publik di lembaga-lembaga maupun di legislatif Karena itulah PCB ini dipandang punya peran yang aktif sebagai bagian dari proses penguatan peran dan kapasitas para caleg DPRD DKI Jakarta dan bisa diharapkan menjadi agen perubahan yang membawa kehidupan politik dan demokrasi demokrasi Karena itu baik bersih jujur transpalasi dan bebas korupsi.

Melalui partisipasi politik yang berbasis kesadaran dan kedewasaan politik diharapkan akan dapat membuat demokrasi lebih fungsional dapat membawa demokrasi lebih fungsional bagi kepentingan masyarakat dan praktek demokrasi akan lebih transparan dan akuntabel untuk mendorong masyarakat memahami hak dan kewajibannya dalam turut mengontrol jalannya demokrasi karya yang lebih baik dengan kualitas demokrasi dengan kualitas para caleg yang bersih cerdas berintegritas maka mereka akan menjadi partner terbaik Pemda DKI Jakarta dalam membuat kebijakan-kebijakan yang membawa manfaat bagi warga DKI Jakarta.

Sementara itu, Kasatgas Politik Kedeputian Pencegahan KPK, Guntur Kusmulyano memberi apresiasi kepada Kesbangpol DKI Jakarta di mana untuk kedua kalinya mengadakan kegiatan PCB bagi Caleg DPRD DKI Jakarta.

ďKesbangpol DKI Jakarta merupakan inisiator lembaga pemerintah pertama yang mengadakan kerjasama dengan KPK. Ini patut ditiru dan diberi jempol,Ē katanya.†(Lutfi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed