oleh

GAI Selenggarakan Konvensi Nasional Pekerja Kerumahtanggaan

-Budaya-60 views

JAKARTA – GLOBAL Alwakil Indonesia (GAI) bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur, menyelenggarakan Konvensi Nasional Rancangan Standar Khusus Kompetensi Jabatan (RSKKJ) Bidang Pengurus Kerumahtanggaan (Housekeeper) dalam rangka persiapan Sistem Pelatihan Pekerja Migran Indonesia bertempat di hotel Best Western, Surabaya, Rabu (5/9/2018). Jabatan Pengurus Kerumahtanggaan ini merupakan manual pelatihan kompetensi bersertifikasi, setelah manual yang sama telah dibuat Global Alwakil Indonesia untuk jabatan Cook dan Baby Sitter. Dalam manual pelatihan jabatan Housekeeper ini terbagi menjadi 3 klasifikasi yaitu: Housekeeper junior, senior, dan buttler.

Direktur Utama Global Alwakil Indonesia, Hemasari Dharmabumi menjelaskan, Kami bangga dengan manual pelatihan ini, karena selain memiliki metode yang komprehensif (dari mulai menggunakan sistem asesmen pra-training, sistem e- learning dan praktik yang unggul, ujian kompetensi dengan kredibilitas yang tinggi), juga karena manual ini telah diuji melalui sertifikasi dari lembaga penempatan di negara penerima, sehingga Calon Pekerja Migran tidak saja akan menerima pelatihan sesuai kualifikasinya, tetapi juga keahliannya akan link and match dengan kebutuhan pasar tenaga kerja di luar negeri. Keahlian ini merupakan kunci utama dari seluruh rangkaian sistem perlindungan, seperti yang diamanatkan oleh UU No. 18 tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

Hema mengatakan, Dengan dibuatnya klasifikasi untuk jabatan Housekeeper ini, maka para Pekerja Migran Indonesia (PMI) tidak hanya memiliki kesempatan untuk bekerja pada rumah tangga, tetapi bahkan juga dapat masuk ke sektor hospitality yang lain seperti hotel, restoran, rumah sakit, dan lainnya.

Konvensi ini diikuti oleh Pemerintah Daerah, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), berbagai Balai Latihan Kerja (BLK) perwakilan dari BNP2TKI, serta Pekerja Migran Indonesia purna tugas. Kurikulum atau manual pelatihan yang telah melalui konvensi, selanjutnya akan melalui proses hukum lainnya, seperti mendapatkan hak cipta hingga proses sertifikasi standar khusus kompetensi jabatan.

Khusus untuk program pelatihan ini, Global Alwakil Indonesia telah membuat Perjanjian Kerja Sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kedua Pemerintah Provinsi serta Balai Latihan Kerja swasta telah mempersiapkan sarana dan prasarana latih pada BLKI maupun BLKN untuk kepentingan ini. Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian sistem perlindungan yang telah dipersiapkan oleh Global Alwakil Indonesia untuk mempersiapkan pengiriman Pekerja Migran Indonesia resmi terutama untuk negara tujuan Arab Saudi.

Menurut Hema, GAI bersama pemerintah sejak awal memiliki komitmen untuk meningkatkan kompetensi Pekerja Migran Indonesia. “Komisaris Utama Global Alwakil Indonesia, Fahmi Idris, yang merupakan mantan Menteri Tenaga Kerja tahun 2004, merasa terpanggil untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan konsep perlindungan bagi pekerja migran Indonesia. Sebagaimana telah diketahui, pemerintah RI masih menerapkan kebijakan moratorium bagi pengiriman Pekerja Migran Perempuan ke Arab Saudi. Namun menurut pendapat kami, kebijakan moratorium ini bukanlah sebuah solusi bagi permasalahan kerentanan Pekerja Migran Perempuan Indonesia. Karena pertama, tingginya kebutuhan akan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Arab Saudi menyebabkan masih banyaknya PMI yang berangkat secara non-prosedural. Kedua, secara ekonomi juga tidak menguntungkan negara karena meskipun jumlah pemberangkatan PMI Perempuan ke Arab Saudi telah dilakukan moratorium, tetapi terbukti Indonesia masih mengandalkan remitansi yang berasal dari Arab Saudi sebagai pendapatan negara tertinggi dibandingkan dengan negara lainnya. jelas Hema.

Pada dasarnya, menurut Hema, pelarangan atau pencegahan mobilitas warnanegara ke luar negeri untuk bekerja merupakan sesuatu yang sangat sulit dilakukan, apalagi pada saat pemerintah Arab Saudi masih mengeluarkan visa untuk bekerja sehingga kebijakan moratorium pemerintah RI menjadi sepihak. Kebijakan moratorium, oleh karenanya seringkali dianggap sebagai jalan pintas untuk mengatasi persoalan-persoalan yang berkaitan dengan perlindungan yang sulit untuk dilakukan oleh pemerintah.

Untuk itu maka Global Alwakil Indonesia bersama-sama pemerintah daerah dan berbagai perusahaan swasta di bidang perekrutan, pelatihan dan penempatan, bahu membahu membangun sistem perlindungan yang lebih baik untuk para Pekerja Migran Indonesia. Semoga upaya kami ini dapat menghasilkan hasil positif bagi perlindungan Pekerja Migran Indonesia, selain mendukung pemerintah dalam mengatasi kemiskinan, tingkat pengangguran dan turut meningkatkan pendapatan negara. Seluruh pihak yang bekerjasama dalam upaya ini memiliki komitmen bersama untuk menjadikan migrasi tenaga kerja Indonesia yang sustainable (berkesinambungan) dan mendahulukan kepentingan perlindungan Pekerja Migran Indonesia. tutup Hema. (Zul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

23 komentar

  1. I was excited to discover this page. I need to to thank you for your time for
    this wonderful read!! I definitely appreciated every bit of it and I
    have you saved to fav to check out new information in your blog.

  2. always i used to read smaller articles or reviews which as well clear their motive, and that is also happening with this paragraph which I am reading
    now.

  3. Thank you for some other great article. Where else may just anybody
    get that kind of info in such a perfect manner of writing? I’ve a presentation subsequent week, and I’m on the search
    for such info.

  4. I love your blog.. very nice colors & theme. Did you create this website yourself or did you hire someone to do it for you?

    Plz reply as I’m looking to design my own blog and would like to
    know where u got this from. thank you

  5. Fantastic beat ! I would like to apprentice whilst you amend your web site, how could i subscribe for
    a blog website? The account helped me a appropriate deal.
    I had been a little bit acquainted of this your broadcast offered brilliant transparent idea

  6. You can certainly see your enthusiasm in the article
    you write. The world hopes for even more passionate writers like you who are not afraid to say
    how they believe. All the time go after your heart.

  7. Have you ever considered writing an ebook or guest authoring on other websites?
    I have a blog based on the same topics you discuss and would really like to have you share some stories/information. I know my visitors would value your
    work. If you’re even remotely interested, feel free
    to send me an email.

  8. Hi, I do believe this is an excellent website. I stumbledupon it 😉 I will come back once again since i have bookmarked it.
    Money and freedom is the greatest way to change, may you be rich and continue
    to guide other people.

  9. Wow that was odd. I just wrote an extremely long comment but after I clicked submit
    my comment didn’t show up. Grrrr… well I’m not writing all that over again. Regardless,
    just wanted to say great blog!

  10. Very nice post. I just stumbled upon your weblog and
    wished to say that I have really enjoyed browsing your blog
    posts. After all I’ll be subscribing to your feed and I
    hope you write again soon!

News Feed