oleh

Tingkatkan Partisipasi Politik, Kesbangpol DKI Jakarta Edukasi Etika  dan Budaya Politik Mahasiswa

-Nasional-57 views

CISARUA – JELANG pemilihan Presiden tahun 2015, suhu politik diprediksi akan kian memanas. Perang hoax dan kampanye hitam antar pendukung presiden saat ini sudah bermunculan di media sosial.

Meluasnya berita hoax, ujaran kebencian dan kampanye hitam ini jelas berdampak negatif kepada generasi penerus bangsa. Karena itu, guna memberikan pemahaman tentang etika politik dan politik, Kesbangpol DKI Jakarta menggelar kegiatan “Peningkatan Etika dan Budaya Politik Dalam Berdemokrasi Angkatan IV Tahun 2018” selama 3 hari mulai Selasa sampai Jumat, 4-7 September 2018 bertempat Puncak Raya Hotel Cisarua, Jawa Barat.

Dalam paparannya, Plt. Kesbangpol DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri, M.Si mengatakan rasa syukurnya atas jalannya pemilihan Gubernur DKI Jakarta, Anies Bawesdan dan Sandiaga Salahuddun Uno yang berjalan  dengan dengan aman, tertib, dan lancar sesuai dengan jadwal dan tahapannya.

Kesbangpol DKI Jakarta mencatat bahwa pemilihan gubernur dan wakilnya ini sebagai salah satu bentuk pelaksanaan demokrasi di Provins DKI Jakarta. Program pembangunan dibidang demokrasi di DKI Jakarta yang bertujuan membangun budaya politik masyarakat yang toleran dengan norma dan etika sweta menjunjung tinggi Hak Azasi Manusia (HAM) terutama hak sipil dan politik dalam aktivitas sehari-hari maupun dalam penyampaian aspirasi politik dan pendapat dimuka umun kepada pemerintah disampaikan melalui cara-cara yang santun dan berbudaya.

Kepada para peserta, Taufan mengharapkan agar  transformasi nilai-nila etika dan budaya politik serta implementasinya yang positif ini harus terus menerus ditanamkan dan disosialisaaikan kepada seluruh komponen masyarakat agar dapat mewarnai kehidupan demokrasi yang lebih santun, berbudaya dan makin berkembang serta memenuhi standar nilai, norma dan etika kehidupan politik yang demokratis.

“Saya mengajak seluruh peserta dalam kapasitasnya selaku pemuda generasi penerus bangsa untuk dapat menyatukan langkah dan komitmen serta mengoptimalkan peran dan tanggungjawab bersama dalam mewujudkan pembangunan dan pengembangan budaya politik yang dilandasi karakter etika dan moral sesuai nilai-nilai luhur yang terkandung dalm Pancasila dan UUD ‘45 terutama menjelang dilaksanakannya Pemilihan Umum secara serentak pada tahun 2019 yang akan datang,” harapnya.

Dalam kesempatan ini, mewakili Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Taufan mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan dukungan seluruh warga Jakarta dalam pelaksanaan Asian Games tahun 2018 yang telah usai dalam penyelenggaraan maupun prestasi, di mana posisi Indonesia di peringkat empat besar di Asia.

Kesbangpol DKI Jakarta mengharapkan, melalui kegiatan ini dapat menambah wawasan dan  menghasilkan output yang bermanfaat dalam upaya membangun dan lebih memahami lagi etika budaya politik dalam kehidupan berdemokrasi serta implementasinya di Indonesia dan di DKI Jakarta pada khususnya, dengan tetap membangun dan mempertahankan citra Jakarta sebagai ibukota Negara. (Zul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed