oleh

Jokowi-Ma’ruf Tiba di RSPAD

-Nasional-81 views

JAKARTA — Calon presiden (capres) Joko Widodo (Jokowi) dan calon wakil presiden (cawapres) Ma’ruf Amin akan menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto pada Ahad (12/8) pagi ini. Sementara itu, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan melakukan tes kesehatan pada Senin (13/8).

Berdasarkan pantauan, Jokowi dan Ma’ruf tiba berbarengan dalam satu mobil di RSPAD Gatot Soebroto. Mereka tampak tiba pada pukul 08.00 WIB menggunakan mobil Innova B 1288 RFO. Saat tiba, Jokowi mengenakan kemeja putih dengan slogan ‘Bersih, Merakyat, Kerja Nyata’ dan celana hitam. Sedangkan, Ma’ruf mengenakan jas putih dan peci hitam.

Jokowi tiba didampingi putranya Kaesang Pangarep dan Ma’ruf Amin didampingi oleh putrinya. Sebelum menuju ke RSPAD, Ma’ruf terlebih dahulu menemui Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta. Ia tiba sekitar sekitar pukul 6.50 WIB.

Tes kesehatan merupakan tahapan yang harus dilalui pasangan capres dan cawapres Pilpres 2019 setelah menyerahkan berkas pendaftaran di KPU. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari menyampaikan, syarat tes kesehatan dilakukan secara menyeluruh sesuai dengan UU yakni mampu secara jasmani dan rohani.

Nantinya, tim dokter berdasarkan rekomendasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) akan mengumumkan hasilnya sesuai tahapan. Sedangkan hasilnya akan dilampirkan dalam kerangka persyaratan calon yang akan diverifikasi KPU.

Pemeriksaan kesehatan akan dilampirkan dalam pemberitahuan tertulis terkait hasil verifikasi terhadap kelengkapan dan kebenaran dokumen persyaratan administratif pada 15-17 Agustus 2018. Menurut Komisioner KPU Ilham Saputra, berdasarkan SK yang telah ditetapkan, KPU menunjuk dr Danardi Sosrosumihardjo spkj sebagai ketua tim pemeriksa kesehatan capres-cawapres.

Ketua KPU Arief Budiman, mengatakan proses pemeriksaan kesehatan dimulai pukul 08.00 WIB. “Keduanya akan mulai diperiksa pukul 08.00 WIB,” ujar Arief melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (11/8) malam.

Sebelumnya, Komisioner KPU, Hasyim Asy’ari, mengatakan sebelum menjalani pemeriksaan, capres-cawapres diminta menjalani puasa selama delapan jam. Menurut Hasyim, pemeriksaan kesehatan akan menilai kondisi jasmani dan rohani para capres-cawapres.

“Sementara diperiksa. Segala macam hal yang berkaitan dengan jasmani dan mendukung kemampuan. Segala macam hal yg berkaitan dengan jasmani serta mendukung kemampuan menjalankan tugas-tugas negara,” jelas Hasyim.(Republika.co.id)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 komentar

News Feed