oleh

Diduga Perusahaan Nokia Melakukan PHK Sepihak

-Nasional-61 views

JAKARTA – Dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan Pasal 151 ayat (2) jo Pasal 155 ayat (1) dan PAsal 170 diatur bahwa tidak ada PHK sepihak.
Disebutkan, PHK tanpa penetapan lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial batal demi hukum dan pengusaha wajib memperkerjakan kembali dan membayar upah dan hak – hak yang biasa diterima pekerja.

Seperti yang terjadi pada salah satu pekerja yang beberapa waktu lalu “terkena PHK sepihak” dari sebuah perusahaan besar telekomunikasi PT. NOKIA SOLUTIONS & NETWORKS INDONESIA. “Karenanya saya ingin mencari keadilan hukum, oleh karena saya tidak terlalu paham soal hukum maka perkaranya saya serahkan kepada Bang Tony, SH & Partners semoga nantinya dapat memproses apa yang terjadi pada saya, agar ada kepastian hukum bagaimana yang sebenarnya,” terang Imam saat dijumpai bersama pengacaranya, Rabu sore ( 4 – 7 – 2018), di Kantor Disnaker Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan itu pengacara Tony. SH yang berkantor di Dewan Pers Lt.2 Kawasan – Kebon Sirih, Jakarta Pusat menjelaskan bahwa, kami sudah mencatatkan atau melaporkan perselisihan hubungan industrial clien saya Sdr. Imam Danu sebagai project manager di perusahaan Nokia. Imam di PHK alasannya yang bersangkutan pernah di pidana di perusahaan sebelumnya tempat dia bekerja. Padahal tidak ada dasarnya dalam UU, namun perusahaan tempat Imam bekerja tetap lakukan pemutusan hubungan kerja, maka kami akan uji apakah PHK yang dilakukan perusahaan berdasar / dibenarkan secara hukum atau tidak? kita akan uji di Sudin Disnaker Jakarta – Selatan.

“Soal PHK jelas diatur dalam UU tenaga kerja bahwa PHK sepihak melanggar hukum,” tegas Pengacara handal Tony, SH saat dimintai keterangannya terkait PHK yang dilakukan Perusahaan Telekomunikasi NOKIA. (Agusto)

Untuk jelasnya bagaimana beritanya, silakan saksikan liputannya.(Lutfi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed