oleh

Mantan Komisioner OJK Jadi Komisaris Utama Bank DKI

MANTAN anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ilya Avianti didapuk menjadi Komisaris Utama Bank DKI. Kabar tersebut dibenarkan oleh Direktur Utama Bank DKI Kresno Sediarsi.

Keputusan itu, lanjut Kresno, telah diambil para pemegang saham melalui RUPS Sirkuler dengan kepemilkan mayoritas Pemprov DKI dan PD Pasar Jaya sebesar 0,3%.

Saat ini Ilya merupakan komisaris independen di PLN. Ia akan memasuki proses uji kelayakan dan kepatutan yang menjadi wewenang OJK..

“Efektifnya menunggufit & proper. Kami sudah sampaikan dokumennya ke OJK. Tinggal tunggu respons OJK untukfit & proper,” ujar Kresno di kompleks BI, Jakarta, Jumat (22/6).

Penunjukan mantan ketua Dewan Audit OJK tersebut diharapkan akan mampu memudahkan proses rencana penawaran saham perdana (IPO) Bank DKI karena wawasan Ilya yang lebih luas tentang pasar modal. Meski IPO direncanakan baru terlaksana tahun depan, bank membutuhkan persetujuan terlebih dahulu dari DPRD.

Menurut Kresno, sebelum melakukan IPO, bank harus melihat seberapa besar saham Bank DKI mampu menarik investor pasar modal. Jangan sampai saat IPO, pasar lesu dan membuat harga saham tidak bagus.

“Kami butuh persetujuan dari Pemprov dan dari lembaga legislatif (DPRD). Ini proses yang perlu dilalui, kalau besarnya (saham yang dilepas ke publik) tergantung bagaimana persetujuannya. Secara proses informal sudah adaworkshopdan pertemuan untuk IPO,” tutur Kresno.

Kresno mengatakan Bank DKI sudah mengundang Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk menjelaskan ke lembaga legislatif. Semula, manajemen menginginkan IPO dilakukan tahun ini, namun terkendala kajian waktu yang tepat.

Timingini pentingbanget, kami mesti bicara sama orang2 yang kompeten di bidangnya,” tukas Kresno. (mediaindonesia.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed