oleh

Indonesia, Terlibat Dalam Memprediksi cuaca dan iklim di Asia Tenggara

-Nasional-80 views

JAKARTA – Indonesia merupakan salah satu negara yang terlibat bekerjasama dengan Inggris, Malaysia, dan Filipina untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait dampak cuaca ekstrim dan perubahan iklim, mengingat negara Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan bencana alam, serta memiliki pengalaman dan teknologi dalam memberikan informasi peringatan dini cuaca dan iklim kepada masyarakat.

Bergabungnya Indonesia dalam kemitraan Jasa ilmu cuaca dan iklim Asia Tenggara(WCSSP-SEA) bersama mitra-mitra dari Inggris, Malaysia, dan Filipina diharapkan dapat meningkatkan kemampuan untuk memahami, memprediksi, dan menyiapkan langkah-langkah pengurangan resiko bencana alam, seperti yang diutarakan Deputi Bidang Klimatologi, Dr. Herizal, M. Si.

“Dalam kemitraan, ilmuwan-ilmuwan Indonesia akan bekerjasama dengan para ilmuwan dari negara-negara peserta lainnya untuk memahami penyebab-penyebab cuaca ekstrim, meningkatkan ketepatan dan keandalan model-model cuaca dan iklim, juga memperbaiki sistem-sistem peringatan dini,” ujar Herizal.

“Setiap tahun jutaan orang Indonesia terkena dampak cuaca ekstrim. Resiko-resiko yang dihadapi terus bertambah akibat perubahan iklim, oleh karena itu, kita mendukung kemitraan Jasa Ilmu Cuaca dan Iklim Asia Tenggara (WCSSP-SEA) guna melakukan kerjasama dan memadukan keahlian-keahlian yang dimiliki, kita dapat membantu memperkirakan dan menangani dampak-dampak perubahan cuaca dan iklim, “ ujar Rob Fenn, Wakil Duta Besar Inggris.

Kemitraan Jasa Ilmu cuaca dan iklim Asia Tenggara (WCSSP-SEA) ini merupakan salah satu kegiatan yang didukung Dana Newton sebesar 735 juta poundsterling yang dialokasikan hingga tahun 2021 dari pemerintah Inggris ditambah sumber-sumber yang setara dari negara-negara mitra.

Aktivitas kerjasama Newton Fund/dana Newton di Indonesia sudah dimulai tahun 2014 yang merupakan MoU antara pemerintah Inggris dan Indonesia yang telah disepakati tahun 2015.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Indonesia, Terlibat Dalam Memprediksi cuaca dan iklim di Asia Tenggara.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed