by

Mendagri: Semoga Spirit Idul Fitri Bisa Memperkuat Ukhuwah Wathaniyah

-Politik-755 views

JAKARTA, BAGI Menteri Dalam Negeri Tjahjo, Idul Fitri adalah hari istimewa. Hari yang suci. Di Idul Fitri gairah merekatkan kembali tali silaturahmi begitu terasa. Di Hari Raya Idul Fitri semangat ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan umat Islam begitu terasa. Ia pun berharap, spirit ukhuwah Islamiyah bisa menjadi ukhuwah wathaniyah atau persaudaraan bangsa. Dan lebih jauh menjadi  ukhuwah basyariyah atau insaniyah (persaudaraan umat manusia).

” Saya sebagai pribadi, dan juga sebagai Mendagri, mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah. Minal Aidzin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin,” kata Tjahjo, Jumat (15/6).

Tjahjo pun kemudian bercerita tentang kecilnya setiap lebaran tiba. Kata dia, saat lebaran tiba, adalah masa yang paling dinanti. Pun sekarang. Ada semacam kerinduan pada asal usul. Sehingga mudik pun menjadi salah satu simbol atau tradisi, dimana umat Islam selalu merasa ingin pulang ke asal usulnya. Idul Fitri adalah momentum kembali ke fitrah. Kembali ke titik nol. Kembali ke kesucian, setelah kurang lebih sebulan diuji dalam bulan Ramadhan. Begitu juga tradisi mudik. Mudik tak lain adalah tradisi dari rasa rindu seseorang kembali ke asal usulnya. Pulang ke kampung halaman, adalah semacam simbolnya.

Ia pun berharap, spirit Idul Fitri itulah yang bisa diserap setiap insan. Sehingga kedepan, baik ucap maupun perbuatan benar-benar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dan lebih jauh lagi, semangat hari raya bisa bisa mewarnai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Semangat ukhuwah Islamiyah di Idul Fitri, harus menjadi ukhuwah wathaniyah dan kemudian menjadi ukhuwah insaniyah.

” Idul Fitri bagi saya adalah momen ketika ego pribadi melebur. Yang ada adalah kesadaran sebagai HambaNya. Semua sejajar, duduk sama rendah, sederajat, maka di Idul Fitri, segala perbedaan, ketegangan luruh dalam ucap maaf lahir dan batin. Idul Fitri adalah momentum meneguhkan kembali bahwa kita ini semua bersaudara, ” tutur Tjahjo.

Dan ia merasa bersyukur, prosesi mudik tahun ini bisa dikatakan lebih baik. Pemerintah dari awal berupaya keras agar para pemudik bisa pulang ke kampung halamannya dengan nyaman dan aman. ” Pemerintah tentunya akan terus bekerja keras agar mudik lebaran kali ini bisa berjalan lancar, baik dari sisi keamanan, maupun kelancaran dalam bermudik,” katanya.

Pembangunan infrastruktur yang selama ini digenjot pemerintah, semata agar itu bisa dinikmati masyarakat. Salah satunya, bisa dinikmati saat mudik lebaran. Sehingga para pemudik bisa pulang kampung dengan aman dan nyaman.

Saat ditanya, adakah tradisi khusus dalam menyambut lebaran? Tjahjo menjawab, tak ada tradisi khusus menyambut lebaran. Ia menyambut lebaran seperti umat Islam lainnya. Apalagi sekarang, ia sedang jadi menteri. Tentu, ia punya tanggung jawab lain. Karena itu ia tak pulang kampung. Ia harus tetap siaga, mendukung pengamanan mudik lebaran.

” Palingan nanti saya keliling, berlebaran dengan seluruh staf. Di Mereka Utara (kantor pusat Kemendagri. Silahturahmi ke BNPP, Pasar Minggu (Dukcapil dan PMD), ke IPDN, bermaaf-maafan. Saya harus tetap memonitor,” katanya.

Terakhir, kata dia, sebagai manusia pastinya dirinya tak lepas dari salah dan khilaf. Sebagai Mendagri, tentunya ia tak bisa memuaskan semua orang. Karena itu dari lubuk hati paling dalam, ia memohon maaf lahir dan batin, atas segala salah dan khilaf, baik yang disengaja maupun tak disengaja. ” Dari lubuk paling dalam saya mohon maaf lahir dan batin. Minal Aidzin Wal Faidzin. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mari kita jaga dan perkuat ukhuwah Islamiyah sehingga menjadi ukhuwah wathaniyah dan insaniyah, ” tuturnya. (Endi).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

116 comments

  1. zanaflex overdose amount [url=http://topzanaflex.com/#]tizanidine canadian pharmacy no prescription [/url] does wal mart pharmacy have zanaflex why is generic zanaflex so expensive

  2. zanaflex 4mg reviews [url=https://topzanaflex.com/#]tizanidine buy online without rx [/url] can zanaflex cause ringing in the ears what are the active ingredients in zanaflex

  3. I’m not sure exactly why but this weblog is loading extremely
    slow for me. Is anyone else having this issue or is
    it a problem on my end? I’ll check back later on and see if
    the problem still exists.

  4. He does not say anything in response to his father as his cock continues pulsing and jumping as the blood engorges his youthful cock more. And more.

    [url=https://taxi-avtosfera.ru/]milf[/url]

  5. Hi! Someone in my Myspace group shared this site with us so
    I came to look it over. I’m definitely enjoying the information. I’m bookmarking and will be tweeting this to my followers!
    Great blog and amazing design.

  6. Aw, this was a very nice post. Spending some time
    and actual effort to make a top notch article… but what can I say…
    I hesitate a whole lot and never seem to
    get anything done.

  7. It’s really a cool and helpful piece of information. I’m glad that you simply shared this helpful information with
    us. Please stay us up to date like this. Thank you for sharing.

  8. Hello there! This post could not be written any better!
    Going through this post reminds me of my previous roommate!
    He constantly kept preaching about this. I most certainly will forward this post
    to him. Fairly certain he’s going to have a great read.
    Thank you for sharing!

  9. Its like you read my mind! You appear to know a lot about this, like you wrote
    the book in it or something. I think that you can do with some pics to drive the message home a bit, but other than that, this is fantastic blog.
    An excellent read. I will definitely be back.

News Feed