oleh

Utamakan Kepentingan Bangsa Dan Negara Diatas Kepentingan Pribadi, Golongan/Kelompok, Kata Kunci Suksesnya Pilkada Serentak , Asian Games 2018 dan Pemilu 2019

-Opini-52 views

JAKARTA – DALAM tahun 2018 ini kita sudah disibukkan berbagai persiapan menyongsong kegiatan besar yang akan menjadi perhatian dunia terhadap Indonesia . Jika kegiatan tersebut berjalan sukses tentu menjadi kebanggaan kita semua sebagai anak bangsa. Dengan demikian suksesnya kegiatan tersebut bukan saja menjadi tugas pemerintah tetapi memerlukan partisipasi aktif dari segenap elemen masyarakat dari setiap tingkatan.

Pemerintah tentunya sudah menyiapkan sesuai perencanaannya dari mulai pra sampai pasca kegiatan baik dari segi personelnya, regulasinya dan sarana pendukungnya. Sedangkan partisipasi aktif masyarakat dampak positipnya adalah terciptanya kenyamanan, kedamaian dan rasa kebersamaan untuk suksesnya Pilkada serentak tanggal 27 Juni 2018, ASIAN GAMES mulai tanggal 18-8-2018 sampai tanggal 2 September 2018 dan PEMILU (Pilpres dan Pileg) bersamaan tanggal 17 April 2019. Tiga kegiatan akbar tersebut adalah kegiatan yang berskala lokal, nasional dan internasional yang mempertaruhkan keharuman nama bangsa Indonesia dalam pergaulan internasional.

Skala lokal terkait peran langsung masyarakat di Jakarta dan Palembang dan juga daerah-daerah di 171 daerah yang melaksanakan pilkada serentak, skala nasional diperlukan kesiapan seluruh rakyat Indonesia dengan dua kegiatan nasional di tahun 2018 ini menyambut para tamu dari mancanegara atau wisatawan yang juga melintas di daerah tujuan kegiatan dan sekaligus berwisata. Skala internasional keberhasilan Pilkada serentak dan Asian Games akan meyakinkan dunia internasional, Indonesia contoh negara demokratis dengan nilai Pancasila.

Keharuman nama Indonesia hanya dapat tercipta jika segenap WNI dapat terus menjaga nilai-nilai kegotong-royongan untuk mensukseskan lancarnya kegiatan tersebut. Karena dalam nilai gotong royong ada semangat bahu- membahu dalam memikul beban, ada rasa kebersamaan, rasa memiliki tanggungjawab dan kepedulian untuk mensukseskan kegiatan, konkretnya adalah utamakan kepentingan umum (bangsa dan negara) di atas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan. Secara sosiopolitik, kita jaga semangat nilai Bhineka Tunggal Ika dalam konsepsi NKRI. Jayalah Bangsaku Indonesia.

Bangun Sitohang, MM

Ketua Kajian Nilai Menjadi Orang Indonesia (KANIMOI).

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed