oleh

Zumi Zola Siap Jalani Proses Hukum

GUBERNUR Jambi Zumi Zola Zulkifli menghormati dan siap untuk menjalani proses hukum yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi yang Jumat petang resmi menyatakan dirinya tersangka dalam dugaan kasus korupsi ‘Uang Ketuk Palu’ pengesahan APBD 2018 di DPRD Jambi.

“Saya menghormati dan tunduk pada proses hukum yang berlangsung, termasuk yang sedang dijalankan oleh KPK dan tentu saya berharap dalam proses penegakan hukum ini, mengedepankan asas praduga tak bersalah. Proses akan diikuti, saya juga menunggu arahan selanjutnya seperti apa,” papar Zumi Zola kepada puluhan wartawan yang sengaja dia undang untuk mengonfirmasi persaolan statusnya sebagai tersangka oleh KPK di kediamannya.

Dia menambahkan, sampai saat ini pihak Kementerian Dalam Negeri, belum ada instruksi apapun terkait dengan penetapan dirinya sebagai tersangka.

“Belum ada instruksi sampai saat ini, belum menonaktifkan jabatan saya. Artinya adalah saya masih tetap bertugas sebagai seorang gubernur untuk melayani masyarakat,” kata Zola dengan ekspresi pasrah.

Menanggapi penyidikan KPK yang menuding dirinya menerima upeti dari proyek-proyek di Jambi bersama oknum Kabid Bina Marga Dinas PUPR Afan, Zumi Zola mengatakan semuanya akan dia jawab pada proses hukum selanjutnya, khusus di pengadilan.

“Sekali lagi asas praduga tidak bersalah harus kita hormati. Saya tidak mau berpolemik dan berandai-andai. Nanti akan terjawab di pengadilan. Mari kita hormati proses hukum yang kini dilakukan KPK dan mari kita jaga situasi masyarakat di Jambi tetap kondusif,” kata Zola.

Pada kesempatan tersebut, Zumi Zola menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat Jambi yang berempati dan memberikan dukungan moril terhadap dirinya dan keluarga atas persolan hukum yang menimpa dirinya.

“Dukungan, doa, dan perhatian yang kami dapatkan sangat luar biasa kami rasakan, baik saya pribadi mapun keluarga. Saya mengucapkan terimakasih untuk itu. Dan juga saya selaku gubernur juga mohon maaf apabila dalam pelayananan kepada masyarakat masih ada yang kurang. Selama proses kejadian ini, ada pihak-pihak masyarakat yang merasa terganggu saya juga mohon maaf,” ungkap Zola.

Kendati belum ada perintah penahanan maupun instruksi dari Kemendagri terkait jabatannya sebagai Gubernur Jambi, Zumi Zola menyatakan sedang berkoordinasi dengan tim kuasa hukumnya, termasuk untuk memberikan keterangan lebih detil mengenai masalah yang dia hadapi.(Safina/MedIn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed