oleh

Stadion BMW Dibangun Swasta JakMania: Yang Penting Punya Stadion

JAKARTA – Suporter klub sepakbola ibukota Persija Jakarta tidak ambil pusing dengan pernyataan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang menyebut Pemprov tidak dapat membangun stadion sebagai kandang Persija. Sandi mengatakan pembangunan kandang Macan Kemayoran itu akan diserahkan kepada pihak swasta.

Rizki Rahmat Basuki, seorang Jakmania, sebutan suporter Persija mengaku tidak mempermasalahkan pembangunan stadion dilakukan oleh pihak swasta. Rizki mensyaratkan stadion kelak bisa dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Gak masalah dibangun pihak swasta, yang penting nanti jadi milik Pemprov DKI Jakarta. Karena saat ini Pemprov DKI Jakarta belum memiliki stadion berkelas international,” katanya.

Warga Ciracas, Jakarta Timur itu mengatakan Jakarta harus memiliki stadion bertaraf internasional sebagai kandang Persija. Rizki membandingkan dengan beberapa daerah lain yang sudah memiliki stadion untuk klub sepakbolanya.

“Malu sama daerah lain yang APBD nya lebih rendah, tapi sudah punya stadion berstandar international. Yang terpenting, pembangunan stadion itu selesai sebelum masa jabatan Anies Sandi berakhir di 2022,” tandasnya.

Pria yang selalu hadir saat laga kandang Persija itu berharap agar pada musim kompetisi 2019 mendatang sudah memiliki rumah sendiri. Rizki menyebut Anies-Sandi harus memenuhi janji kampanyenya itu jika tidak mau dibilang mengingkari janji kepada Jakmania.

“Musim kompetisi tahun depan Persija harus main di Stadion Pemprov DKI yang baru. Kalau sampai tahun ini tidak dimulai pembangunan, dapat dipastikan Anies-Sandi sama saja seperti pemimpin DKI sebelumnya yang hanya mengumbar janji soal stadion,” harapnya.

Menurut Rizki, Pemprov DKI Jakarta sebenarnya memiliki opsi lain untuk menyediakan home base bagi Macan Kemayoran. Pemprov bisa merenovasi stadion yang sudah ada untuk ditingkatkan tarafnya agar bisa digunakan Persija mengarungi kompetisi di tingkat nasional maupun Asia.

“Sebenarnya Pemprov DKI tidak bisa beralasan susah lahan untuk bangun Stadion bertaraf International, karena Pemprov DKI memiliki sejumlah stadion berstandar nasional yang bisa dikembangkan atau diupgrade menjadi stadion berstandar International. Sebagai contoh tetangga sebelah Kota Tangerang sedang merenovasi stadion Benteng, masa kalah sama daerah yang dapat dana hibah dari DKI,” pungkas Rizki.

Hingga kini Persija tidak memiliki stadion sebagai kandang. Bahkan untuk laga Liga 1 musim nanti, Persija akan menjadikan stadion di Karawang, Jawa Barat jadi base campnya.(Safina/Pskt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 komentar

News Feed