oleh

Harga Beras di Kawasan Pesisir Capai Rp13.600 per Kg

-Ekbis-52 views

HARGA beras di sebagian besar wilayah di Tanah Air merangkak naik dalam beberapa minggu ini. Pantauan Media Indonesia, harga beras di pasar tradisional di Kabupaten Gresik, Jatim, semakin mahal. Hal itu juga terjadi di beberapa daerah yang berada di kawasan pesisir utara Jawa Timur.

Beras kualitas premium harganya melambung hingga Rp13.600 per kilogram. Padahal, sekitar sebulan lalu harganya pada kisara Rp11.200 per kg. Kondisi tersebut membuat konsumen resah.

“Binggung mas, harga beras makin tidak terjangkau,” keluh Sumarni, ibu rumah tangga di Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik.

Kenaikkan harga beras itu, kata dia, berlangsung secara berkala namun, dengan durasi cepat. Misalnya, beras premium pada bulan yang lalu masih seharga Rp11.200 kini naik menjadi Rp13.600 per kg.

Sedangkan, untuk beras kualitas medium juga terus melambung tinggi hingga kisaran Rp11.200 per kg. Padahal, sebelumnya pada kisaran harga Rp9.600 per kg. “Meresahkan mas, semua bahan makanan mahal terus,” imbuhnya.

Naiknya harga beras dalam sebulan terakhir itu disebabkan karena belum ada padi petani yang bisa dipanen. Tanaman padi petani di sepanjang kawasan pesisir setempat baru berumur 30 hari setelah tanam (HST) dan dimungkinkan, pada dua bulan mendatang baru bisa di panen.

“Paling cepat akhir Maret baru mengawali panen,” terang Manan, petani setempat. Dia juga mengatakan, musim tanam pada sejumlah desa di sekitar Kecamatan Panceng baru berlangsung sekitar sebulan lalu.

Hal ini karena awal penghujan mundur dari jadwal biasanya sekitar Desember lalu. Dengan demikian, maka dimungkinkan panen pada di kawasan
setempat baru berlangsung pada akhir Maret. “Panen raya sekitar pertengahan April. Jadi beras menjadi mahal,” pungkasnya.(Safina/MI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed