oleh

Toyota Indonesia Bangun Taman Sakura di Tawangmangu

-Nasional-67 views

Solo – Toyota Indonesia membangun “Bukit Taman Wisata” dengan menanam pohon sakura dalam program “Toyota Forest” di dusun Tlogodringo, Desa Gondosuli (Cemoro Kandang) Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Toyota Indonesia akan menanam 60 pohon Sakura pada taman dan bukit sakura yang dibangun di lereng Gunung Lawu. Ke depannya lokasi itu akan dikembangkan sebagai obyek wisata unik di Jawa Tengah.

Luas lahan Perhutani yang ditujukan untuk bukit taman wisata ini mencapai 1,2 hektar dari rencana total 5 hektar dalam 5 tahun ke depan. Hingga Maret 2018, Toyota Indonesia akan menanam kembali 40 pohon sakura.

Toyota Indonesia menggandeng Perhutani, BPPTP DAS (Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), LIPI (Kebon Raya Cibodas), dan Universitas Sebelas Maret sehingga partisipasi aktif akademisi, pebisnis, komunitas, dan pemerintah turut dilibatkan dalam penanaman dan pembibitan sakura.

Peresmian taman wisata ini merupakan komitmen dan keseriusan TMMIN dalam berkontribusi demi pelestarian lingkungan yang diharapkan mampu menambah keasrian wilayah Tawangmangu dan menjadi lokasi wisata kebanggaan masyarakat.

“Tanaman Sakura merupakan tanda persahabatan yang sudah terjalin dengan baik selama 60 tahun antara Indonesia dan Jepang. Bukit Taman Wisata Toyota diharapkan dapat berperan memberikan manfaat positif terhadap keanekaragaman ekosistem serta kualitas lingkungan dan kualitas hidup warga sekitar,” ujar Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono dalam keterangan tertulisnya, Minggu (28/1),

Partisipasi Masyarakat Tawangmangu

Tawangmangu merupakan kawasan wisata pegunungan yang berada di dataran tinggi perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kecamatan ini berada di lereng Gunung Lawu sehingga bersuhu udara sejuk dan sesuai dengan karakter tanaman Sakura.

Lokasi ini dapat dijadikan lahan konservasi tanaman Sakura. Keberadaan taman wisata di Tawangmangu dapat meningkatkan citra positifnya sebagai eko wisata asri yang terkenal di Jawa Tengah.

Toyota bekerjasama dengan masyarakat sekitar untuk melakukan perawatan taman wisata selama 5 tahun ke depan hingga terbentuk taman wisata yang terdiri dari ratusan pohon sakura.

Toyota Indonesia juga memberikan perhatian besar terhadap kelestarian lingkungan hidup dan berupaya terus-menerus untuk melakukan aktivitas yang berdampak positif bagi kondisi alam khususnya melalui kegiatan Toyota Forest.

Penanaman sakura di Tawangmangu menambah total aktivitas penghijauan di Indonesia. Hingga tahun 2018, TMMIN telah menanam sebanyak lebih dari 1.300.000 pohon yang tersebar di wilayah Indonesia.

Di tahun yang sama, TMMIN mencanangkan gerakan penghijauan dengan akan menanamkan 300.000 pepohonan sehingga cita-cita menjaga kelestarian ekosistem di pesisir pantai utara Jawa dapat tercapai.

Toyota Forest juga dibangun guna memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar melalui Income Generating Activity.

Selama lebih dari 45 tahun di Indonesia, Toyota Indonesia senantiasa menyelaraskan strategi keberlanjutannya dengan semangat “Toyota Berbagi” (BERsama MemBAnGun Indonesia) yang terdiri dari tiga pilar utama yaitu Pengembangan Produk dan Teknologi, Pengembangan Industri, dan Tanggung Jawab Sosial (CSR).(Lutfi/Ant).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

49 komentar

  1. Hello there! This is my first comment here so I just wanted to give a quick shout out and say I
    genuinely enjoy reading through your posts. Can you recommend any other blogs/websites/forums that
    go over the same subjects? Thank you so much!

  2. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video
    to make your point. You obviously know what youre talking about, why waste your
    intelligence on just posting videos to your weblog when you could
    be giving us something informative to read?

News Feed