oleh

Air Terjun Batu Betiang, Wisata Baru nan Eksotis

-WISATA-32 views

RATUSAN penikmat wisata alam belakangan mulai berdatangan ke lokasi wisata Air Terjun Batu Betiang pasca ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dengan pihak Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) soal pemanfaatan lokasi Air terjun Batu Betiang yang berada didalam kawasan Hutan TNKS Dusun Merasi, Desa Babakan Baru, Kecamatan Brmani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong.

Terlebih lagi, saat ini akses jalan menuju lokasi wisata bersejarah tersebut telah selesai di bangun.

Aslan (32), salah satu pemandu wisata lokal Provinsi Bengkulu asal Kabupaten Lebong menjelaskan, untuk mencapai lokasi wisata ini, pengunjung harus berjalan kaki selama 2 jam dari pos jaga TNKS wilayah III Bengkulu-Sumatera selatan yang juga merupakan tempat pengunjung menitipkan kendaraan.

Sedangkan, untuk sampai ke Dusun MerasI Desa Babakan baru, pengunjung bisa berkendara menggunakan jalur perjalanan darat selama 3,5 jam dari pusat Provinsi Bengkulu.

Tiba di Pos jaga nanti, pengunjung harus melapor kepada petugas untuk mendapatkan surat izin masuk kawasan konservasi. Dari sana, nanti kita akan ditemani oleh salah satu petugas sebagai pemandu arah ke lokasi air terjun, ujar Aslan.

Diceritakan Aslan, selama berjalan kaki menuju lokasi yang berupa jalan setapak tanah kuning itu, pengunjung bisa menikmati eksotisme keindahan kawasan hutan yang masih asri dilengkapi berbagai jenis fauna dan flora.

Disepanjang jalan ini, pelancong bisa sesuka hati berfoto. Namun, tidak bisa sembarangan mengambil kekayaan alam fauna dan flora yang ada lantaran masih dilindungi. Mulai tanaman langka dilindungi seperti Bambang lanang dan pohon meranti. Sedangkan hewan yang ada dan kerap muncul selama perjalanan diantaranya siamang serta hewan primata lain yang dilindungi. Bahkan jika beruntung, pengunjung bisa melihat langsung keberadaan beruang madu yang hidup liar dalam kawasan hutan tersebut, ujar Aslan.

Setiba di lokasi, pengunjung akan langsung disambut oleh pemandangan air terjun dengan ketinggian mencapai 6 meter dengan luas 8 6 meter yang dilengkapi dengan dinding bebatuan disisi kiri dan kanannya yang tersusun rapi membentuk tiang dan bertingkat-tingkat dengan tinggi bervariasi.

Konon, dinding batu itu terbentuk dari fenomena alam beberapa abad lalu dan legenda kehidupan Si Pahit Lidah.

Air terjun batu betiang ini diapit oleh dua bukit sekaligus yaitu bukit Reges Kabupaten Lebong dan bukit kelam Kabupaten Rejang Lebong. Lokasi wisata ini masih tergolong sangat baru dikenal di kawasan Provinsi Bengkulu, ujar Aslan.

Sementara itu, Atoy (29), warga kabupaten Rejang Lebong yang kerap berkunjung ke lokasi menceritakan, desas desus soal legenda Si Pahit Lidah yang kononnya merupakan asal usul terbentuknya lokasi Wisata Air terjun Batu Betiang sangat kental beredar di tengah masyarakat.

Sejumlah pengunjung tampak memikmati segarnya bermain di Air Terjun Batu Betiang.

Konon, kata dia, menurut cerita dari masyarakat setempat jika batu betiang yang berjajar rapi di sisi kanan dan kiri dinding air terjun itu dulunya berasal dari Kayu yang disusun rapi oleh si pahit lidah untuk membuat lumbung padi dan akhirnya berubah menjadi batu akibat di kutuk si pahit lidah yang kesal dan marah karena merasa telah dibohongi masyarakat setempat yang mengatakan jika anak si pahit lidah meninggal di desa setempat.

Butuh ahli untuk membuktikan legenda itu. Sekaligus memeriksa langsung kondisi batu betiang untuk memastikan asal usul terbentuknya batu batu tersebut, tegas Atoy.(Lutfi/Pdmbkl).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

5 komentar

  1. This design is spectacular! You most certainly know how to keep a reader entertained.
    Between your wit and your videos, I was almost
    moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Excellent job.
    I really loved what you had to say, and more than that, how
    you presented it. Too cool!

  2. Howdy are using WordPress for your blog platform?
    I’m new to the blog world but I’m trying to get started and
    create my own. Do you require any coding
    knowledge to make your own blog? Any help would be greatly
    appreciated!