oleh

Warga Jaksel Diminta Budayakan Hidup PHBS

JAKARTA – Seluruh warga Masyarakat Jakarta Selatan diminta untuk terus meningkatkan budaya Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Sebab dengan cara seperti ini akan terus meningkatkan kesehatan lingkungan maupun keluarganya.

Permintaan ini disampaikan oleh Wakil Walikota, Jakarta Selatan, Arifin, saat bertatap muka dengan warga di RW 08, Kelurahan Pejaten Barat, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Menurutnya, pada musim penghujan seperti ini masyarakat harus menerapkan sistem hidup PHBS dengan cara seperti ini tentu segala penyakit akan terhindar, selain itu kebersihan juga sebagian dari Iman.
“Saya minta kepada seluruh masyarakat Jakarta Selatan untuk bersama-sama membudayakan PHBS. Selain itu saya juga bangga dengan peran aktif masyarakat di RW 08 yang Angka Bebas Jentik (ABJ) memenuhi syarat di tas 95 persen yakni sekitar 96 persen. Ini harus terus ditingkatkan dan mudah-mudahan kedepan wilayah lain juga akan melakukan hal yang sama,”terang Arifin.

Wakil Walikota juga minta kepada seluruh Kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik), untuk dapat mengajak masyarakat di sekitar turut peduli terhadap lingkungan. Dengan adanya kesadaran dari dalam diri sendiri, maka permasalahan mengenai jentik tentu dapat teratasi dan tidak hanya mengandalkan kader Jumantik saja.

“Kita harus tetap lakukan pemantauan dan pengecekan jentik nyamuk secara rutin. Selain itu kita juga harus waspada, bahwa lebih baik kita mencegah dan menjaga daripada mengobati,” ucapnya.

Makanya dirinya mengimbau kepada masyarakat, untuk selalu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Sehingga, jentik nyamuk bisa dihilangkan dan ABJ bisa lebih tinggi dari sekarang.

Selain itu masyarakat juga harus bisa melakukan PSN mandiri atau Self Jumantik. Itu yang paling penting. Kita berharap Jumantik dapat menyampaikan hal tersebut kepada masyarakat. Jadi tidak hanya Jumantik saja yang berbuat, namun seluruh masyarakat juga ikut andil.(Safina/POSKOT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.