oleh

SMK Doksut Temanggung Gencarkan Anti Vandalisme

-Daerah-104 views

TEMANGGUNG – Para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK ) DR Sutomo Temanggung menggelar aksi penghapusan corat-coret di dinding tembok di berbagai sudut kota Temanggung Jumat kemarin (5/1). Aksi penghapusan aneka coretan dilakukan seusai pencanangan gerakan Kampanye anti vandalisme oleh Bupati HM Bambang Sukarno bersamaan dengan peresmian stadion Bhumi Phala Temanggung .

Koordinator kegiatan M Shodiq menjelaskan, sasaran bakti sosial para siswa SMK DR Sutomo Menghapus berbagai coretan tanpa makna di sejumlah lokasi didalam kota Temanggung dilakukan dengan cara pengecatan warna putih. Diungkapkan gerakan Anti Vandalisme diselenggarakan karena keprihatinan atas maraknya aksi corat-coret yang dilakukan oknum-oknum yang tak bertanggungjawab. Coretan tidak hanya tulisan tanpa makna tapi juga gambar-gambar yang tidak beraturan. Akibatnya dinding-dinding tembok di berbagai sudut kota baik pertokoan, rumah-rumah warga, perkantoran bahkan tempat makam menjadi kotor tak sedap dipandang mata.

Gerakan Anti Vandalisme dilakukan sekaligus dalam rangka menyambut peringatan hari jadi ke 51 SMK DR Sutomo Temanggung tahun 2018 guna mendukung terciptanya lingkungan kota yang bersih, indah dan tertib, apalagi Temanggung selama ini dikenal sebagai kota Adipura. Oleh karena itu, kepada semua pihak mengajak untuk berpartisipasi aktif menjaga keindahan kota, ujarnya

Menurutnya, setelah dilakukan penghapusan pihaknya berharap tidak ada lagi aksi corat-coret, oleh karena itu kepada warga masyarakat diharapkan bantuannya untuk mengawasi. Jika ada yang akan melakukan aksi corat-coret hendaknya dicegah agar kebersihan dan keindahan kota tetap terjaga. Kepada pemerintah untuk bertindak tegas terhadap pelaku vandalisme supaya jera dan sadar tidak mengulangi lagi dengan memanggil orang tua atau guru bagi pelaku yang masih sekolah. Gerakan tersebut lanjutnya juga akan diarahkan sebagai sebuah gerakan moral dan sosial budaya untuk menyelamatkan generasi muda dari bahaya aksi vandalisme.

Terkait dengan diundangnya pada acara peresmian Stadion BHumi Phala Temanggung, selain untuk mendukung gerakan kampanye anti vandalisme, juga sekaligus merupakan bentuk apresiasi Pemkab Temanggung dan manajemen PERSITEMA atas ketertiban para siswa dalam menonton pertandingan sepakbola. Sebagaimana diketahui para supporter sepakbola SMK DR Sutomo yang digawangi Bhima Surya dkk menyabet predikat supporter terbaik tingkat pelajar dua tahun berturut-turut yakni tahun 2016 dan 2017 .

Kepala SMK DR Sutomo Drs. Asrofi mengatakan pihak sekolah secara kontinyu dan berkesinambungan terus mengkampanyekan kepada para siswanya untuk peduli menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak melakukan aksi corat-coret atau vandalisme. Komitmen tersebut diwujudkan dengan penghapusan coretan-coretan di lingkungan kota Temanggung bekerjasama dengan forum Berbagi Info Temanggung . Dia berharap melalui gerakan tersebut para siswa memiliki kesadaran tinggi untuk peduli lingkungan dengan tidak melakukan aksi corat coret di sembarang tempat.

Saya berharap kepada para siswa yang menyenangi kegiatan corat coret hendaknya disalurkan secara positif misalnya dengan menekuni seni lukis , grafiti dan mural. Dengan demikian segala ide kreatifitas seni bisa diekspresikan dikanvas atau media lain yang dibenarkan, bukan malah merusak keindahan lingkungan .

Di tempat terpisah Bupati Bambang Sukarno menyambut positif atas inisiatif SMK DR Sutomo menggelar gerakan Temanggung Bersih Vandalisme yang dinilai sangat membantu Pemkab dalam mewujudkan lingkungan kota yang tertib, bersih, indah dan nyaman. Bupati berharap apa yang dilakukan tersebut menginspirasi semua pihak untuk melakukan gerakan kebersihan di lingkungannya masing-masing, sehingga gerakan kebersihan menjadi budaya seluruh warga.

Bupati berharap kesadaran pelaku yang melakukan aksi vandalisme agar tidak melakukan corat-coret di ruang publik. Aksi tersebut mestinya disalurkan secara tepat baik dan benar misalnya dengan melukis di kanvas dan lain sebagianya. Hal ini semata-mata untuk menjaga keindahan lingkungan apalagi Temanggung selama ini dikenal sebagai kota yang bersih, sehat dan indah dengan memeroleh penghargaan Adipura dari Pemerintah. (dnx)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

19 komentar

  1. I’ve been surfing on-line more than three hours as of late, but I by no
    means discovered any attention-grabbing article like yours.
    It’s pretty worth enough for me. Personally, if all web owners and bloggers made excellent content material as
    you did, the web will be much more useful than ever before.

  2. hello there and thank you for your info –
    I’ve certainly picked up something new from right here.
    I did however expertise several technical points using this site, since I
    experienced to reload the website lots of times previous to I could
    get it to load correctly. I had been wondering if
    your hosting is OK? Not that I am complaining, but sluggish loading instances times will
    very frequently affect your placement in google and could damage your quality score if ads and
    marketing with Adwords. Well I’m adding this
    RSS to my e-mail and could look out for a lot more of your respective interesting content.
    Make sure you update this again soon.

  3. Great article! This is the kind of info that should be shared around the net.
    Disgrace on the search engines for not positioning this publish upper!
    Come on over and visit my website . Thanks =)

  4. It’s the best time to make some plans for the future and it
    is time to be happy. I have read this post and if I could I wish to suggest you some interesting things or advice.
    Maybe you can write next articles referring to this article.
    I desire to read even more things about it!

  5. It’s hard to find experienced people in this particular topic, however,
    you sound like you know what you’re talking about! Thanks

  6. I do trust all of the concepts you have introduced in your post.
    They’re really convincing and can certainly work.
    Still, the posts are very quick for newbies. May just you please extend them a bit from
    subsequent time? Thanks for the post.

News Feed