by

Puluhan Warga Temanggung Keracunan Massal

-Daerah-24 views

TEMANGGUNG – Puluhan warga Dusun Lawang Pingit Desa Pingit Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung mengalami keracunan massal, Jumat (29/12).

Belum diketahui penyebab pasti kejadian tersebut, namun diduga kuat mereka mengalami keracunan usai menyantap nasi boks acara kenduri hajatan salah seorang warga setempat pada malam sebelumnya.

Untuk mencegah hal yang tak diinginkan, para warga yang menderita keracunan lantas dibawa ke puskesmas setempat guna memperoleh penanganan darurat dari petugas medis.

Tak hanya itu, polisi yang langsung mendatangi tempat kejadian juga melakukan pendataan para korban yang diduga mengalami keracunan guna proses penyelidikan lebih mendalam.

Menurut dokter Puskesmas Pingit Anis Mustaghfirin, hingga saat ini jumlah pasti korban belum dapat diketahui secara pasti, yang jelas jumlahnya mencapai sekitar 70 orang. Namun demikian, mayoritas mereka yang dilarikan ke puskesmas mengeluhkan gejala mual, muntah, pusing, dan diare.

“Kendati demikian, seluruh pasien tersebut tidak sampai menjalani rawat inap. Hanya dianjurkan untuk menjalani rawat jalan saja,” jelasnya.

Lanjutnya, guna mengetahui secara pasti penyebab keracunan massal warga, pihak dinas kesehatan setempat membawa sampel makanan kenduri untuk dilakukan proses pemeriksaan secara lebih mendalam di laboratorium.

Sementara itu, warga setempat menduga bahwa penyebab keracunan massal tersebut berasal dari salah satu makanan yang ada di dalam kardus yang dibagikan saat digelar kenduri hajatan pada malam sebelumnya.

“Mereka mengaku merasa sakit perut, mual, muntah, dan diare sesaat usai menyantap makanan berkat yang mereka bawa pulang tersebut, “ imbuh Pariyono selaku ketua rt setempat.

Hingga saat ini kasus keracunan massal tersebut masih terus ditangani secara intensif oleh pihak kepolisian guna mengetahui secara pasti penyebab awal keracunan. (van)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed