oleh

Cara Mengatasi Migrain Secara Cepat dan Mudah

JAKARTA – Cara mengobati migrain dengan cara alami maupun dengan obat. Migrain adalah salah satu bentuk sakit kepala yang dialami oleh siapa saja baik laki-laki maupun perempuan. Sakit kepala migraine biasanya sangat parah, disertai mual, denyut luar biasa, dan biasanya denyutan sakit kepala terkonsentrasi di satu tempat, seperti di bagian kepala sebelah kanan, bagian sebelah kiri, atau ada juga yang kedua sisi, ada juga di bagian pelipis saja, bagian mata dan dahi.

Bagi Sobat yang kebetulan pernah menderita migrain pasti merasakan pengalaman sakit kepala tanpa ampun. Biasanya migrain terjadi antara 4 sampai 72 jam disetai mual, muntah, rasa sensitif terhadap cahaya, sensitif terhadap suara, bau serta nyeri yang menusuk di bagian tertentu kepala.

cara mengatasi migrain

Dilansir dari laman wartamedika.com, gejala migrain juga dapat ditandai dengan munculnya perasaan gampang tersinggung, gelisah berlebihan, kondisi tubuh melemah, menguap dan mengantuk tiba-tiba, gangguan penglihatan, rasa kesemutan di tangan, rasa kebas di wajah, pundak serta bagian tangan, kemudian perlahan kepala menjadi nyeri dan terasa semakin sakit.

Penyebab Migrain
Penyebab migraine cukup banyak sehingga tidak bisa dipastikan karena banyak kemungkinan. Berikut ini adalah salah satu penyebab migrain yang terjadi pada penderita:

  1. Terjadinya inflamasi atau pelebaran pembuluh otak yang memicu rasa nyeri dan mual
  2. Faktor genetic atau keturunan. Migrain juga disebabkan faktor turunan yang diturunkan oleh orangtua yang juga memiliki riwayat penyakit migraine
  3. Terjadinya impuls listrik yang sangat berlebih (hyperactive) dan menyebabkan aliran darah menuju otak meningkat dan secara bersamaan menyebabkan rasa nyeri di bagian tertentu di kepala yang dialiri darah.
  4. Pola tidur yang tidak baik seperti terlalu banyak tidur atau kurang tidur. Usahakan tidur tepat waktu secara teratur. Misalnya tidur jam 10 malam, bagun jam 5 atau jam 6 pagi. Tidak berlebihan waktu tidur.
  5. Kurang asupan nutrisi atau tidak makan
    Kurang asupan nutrisi gara-gara makan sedikit, atau melambatkan jadwal makan atau memang sering lupa jadwal makan karena keasyikan bekerja dan beraktivitas juga dapat menyebabkan migraine.
  6. Tekanan kejiwaan seperti stress dan emosi
  7. Efek perubahan cuaca. Paparan sinar matahari yang sangat panas di siang hari.
  8. Paparan sinar matahari yang sangat panas ditambah kurang asupan nutrisi selain memicu migraine juga membuat tubuh lemas (drop).
  9. Efek makanan tertentu seperti kopi, MSG dan coklat.

Cara Mengatasi Migrain Secara Medis

Meskipun migran menjadi momok yang cukup mengerikan, jangan takut. Sobat dapat mengatasi migrain dengan cara-cara berikut:

Minum obat pereda nyeri
Bila migrain kambuh, Sobat bisa minum obat pereda nyeri seperti ibuprofen, asam mefenamat atau obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) seperti natirum naproxen, ibuprofen dan aspirin.

Pemakaian obat-obatan tersebut memang manjur menghilangkan nyeri, tetapi disarankan atas rekomendasi dan resep dokter. Karena bisa saja bila tanpa pengawasan orang yang ahli menimbulkan efek samping lebih parah, terutama bagi penderita migrain yang mempunyai riwayat penyakit jantung.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed