oleh

Berkaos Lengan Panjang, Presiden Jokowi Resmikan Kereta Api Bandara di Soetta

-Nasional-93 views

BANTEN – Presiden RI Joko Widodo meresmikan Kereta Api Bandara di Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang Banten, Selasa (2/1). Saat meresmikan Kereta Api Bandara Soetta, Presiden Jokowi hanya mengenakan kaos lengan panjang berwarna merah dan celana panjang hitam.

Dalam kesempatan itu, Presiden yang didampingi sejumlah menteri, mengatakan bahwa pengoperasian Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta dimaksudkan untuk penyediaan transportasi antar moda yang nyaman dan aman dari dan menuju ke bandara.

“Selama ini perjalanan ke Bandara seringkali tidak efektif. Macet dan lambat itulah yang menjadi permasalah. Keluhan dari masyarakat tersebut direspon pemerintah dengan membuat Kereta Bandara,” katanya.

Selama persiapan peresmian pengoperasian tersebut, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menginstruksikan kepada seluruh pihak terkait terutama Direktorat Jenderal Perkeretaapian untuk secara intensif melakukan peninjauan dan uji coba di lapangan.

Hasilnya hari ini, Presiden Joko Widodo meresmikan kereta api bandara tersebut. Kereta api bandara resmi dipersembahkan sebagai hadiah pembuka tahun 2018.

“Tiga tahun kerja keras akhirnya pagi ini bisa kita segera resmikan dan kita tahu Kereta Api Bandara salah satu dari penyediaan moda transportasi di Jakarta untuk kurangi kemacetan,” ujar Jokowi.

Sebelumnya sudah dilakukan pengujian dan sertifikasi terhadap sarana, prasarana berikut fasilitas operasinya dan kesiapan SDM kereta bandara ini.

Pada awal Desember 2017, sarana Kereta Api Bandara Soekarno Hatta telah dijalankan secara uji coba tanpa membawa penumpang. Kemudian pada tanggal 24-25 Desember 2017, sarana kereta api Bandara Soekarno-Hatta telah dijalankan penuh sebanyak 42 perjalanan per hari, sebagai uji coba final dengan fokus terhadap penyesuaian jadwal perjalanan serta ketepatan waktu.

Sebagai informasi, pembangunan jalan rel dan jembatan, pekerjaan persinyalan dan telekomunikasi, pembangunan gardu listrik aliran atas, pembangunan Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Bandara Soekarno – Hatta.

Stasiun-stasiun tersebut dilengkapi fasilitas ramah disabilitas seperti seperti ramp, guiding block, lift, dan eskalator. Dilengkapi vending machine, tapping gate, commercial area, toilet, dan mushala. Khusus di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta juga dilengkapi public hall dan waiting lounge.(Safina/BB).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed