oleh

UMKM Harus Terus Lakukan Inovasi

MONASNEWS.COM, JAKARTA – Kalangan UMKM harus bisa melakukan inovasi dan pengembangan bisnis milenial agar bisa bertahan dan berkembang menjawab tantangan zaman.

Bisnis milenial merupakan pola bisnis masa depan yang berbeda dengan bisnis masa lalu. “Bisa dikatakan bisnis milenial adalah persetubuhan antara pola bisnis masa lalu dengan pola bisnis menggunakan web”, demikian kata Yudhie Haryono Direktur Eksekutif Nusantara Center dalam forum E Commerce untuk UMKM, Nusantara Expo dan Forum 2017 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kamis (19/10).

Dalam forum yang dihadiri kalangan muda UMKM dan peminat e commerce dengan tema “Optimalisasi Pengelolaan Sumber Daya Ekonomi Wilayah yang Berkeadilan”, Yudhie menyatakan optimis dengan kemampuan anak muda Indonesia menyambut perkembangan bisnis milenial.

Sementara menurut Kadiv UMKM Jamkrindo Nina Kurnia, agar bisa bertahan dan berkembang, kalangan UMKM mesti bisa menonjolkan nilai tambah dari produk yang ditawarkan. Kelemahan UMKM yang banyak terjadi menurutnya pada kemampuan menggali dan memberikan nilai tambah pada produk dan pelayanan yang dimiliki.

Nina juga menjelaskan, untuk mengatasi masalah permodalan, UMKM saat ini bisa menggunakan potensi modal dari lembaga pembiayaan non bank serta banyaknya financial technologi (fintech) yang kini sedang berkembang pesat.

Ia juga menjelaskan saat ini banyak BUMN yang menawarkan program-program kemitraan dengan bunga rendah yang bisa digunakan oleh kalangan UMKM.

“Namun UMKM mesti memiliki basis data yang kuat karena untuk mendapatkan pinjaman non bank UMKM harus mampu mempresentasikan data penjualan dan potensi pasar. Karena para lender dan penjamin membutuhkan data itu sebelum memberikan bantuan atau pinjamannya”, ujarnya.

Nina juga mengharapkan kalangan UMKM untuk membuat maping potensi pasar serta membangun network sesama UMKM dan stakeholder. Jaringan yang terbangun rapi menurut Nina akan mempercepat pengembangan UMKM.

Forum Pemberdayaan Ekonomi yang merupakan bagian dari kegiatan Nusantara Expo dan Forum 2017 menghadirkan pembicara Kasubdit PSDA KP Ditjen PKP Yudi Hermawan, Direktur Eksekutif Nusantara Center Yudhie Haryono, Ketua Forum UMKM Digital Indonesia Cahyo R. Djatmiko, dan Kadiv UMKN Jamkrindo Nina Kurnia. (Anto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed