oleh

Gelar 203 Parade Tari, Kemendagri Targetkan Pecah Rekor MURI

-Nasional-70 views

MONASNEWS.COM, JAKARTA –  Kementrian Dalam Negeri menargetkan perolehan MURI dari kegiatan Pagelaran Parade Tari Nusantara. Pentas tari yang diikuti  kategori usia anak hingga dewasa  tahun ini adalah new inisiative Kemendagri yang merupakan rangkaian kegiatan Nusantara Expo dan Forum di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta 18-22 Oktober 2017.

“Kami berharap untuk Parade 203 Tarian Nusantara ini bisa memecahkan rekor MURI,” ujar Direktur Ketahanan Ekonomi Sosial dan Budaya Kemendagri, Lutfi mewakili Direktur Jendral Politik dan Pemerintahan (Polpum), Soedarmo ketika memberikan sambutan pembukaan Parade Tari Nusantara di TMII, Jakarta, Selasa (17/8/2017).

Menurut Lutfi, tarian yang akan disuguhkan sebanyak 203 tarian berasal dari 34 provinsi dan berlangsung selama 24 jam yang dimulai pada hari ini tanggal 17 Oktober 2017, mulai pukul 09.00 hingga 18 Oktober, pukul 09.00 WIB.

“Tanpa kita sadari negara kita memiliki keanekaragaman seni dan budaya yang cukup banyak dan menarik. Sayangnya, sbanyak dari kita yang tidak mengetahui sebenarnya kebudayaan apa saja yang kita miliki. Jika kita tidak memelihara kebudayaan  yang kita miliki bisa jadi kebudayaan kita menghilang dan diakui negara lain,” papar Lutfi.

Kemendagri mengharapkan agar melalui penyelenggaraan Pagelaran seni tari ini para pegiat seni dan budaya akan mampu dan tetap eksis di tengah gempuran seni dan budaya asing. Penampilan mereka  merupakan bentuk jati diri dari masyarakat, bangsa dan Negara Indonesia.

“Maksud dan tujuan dari kegiatan ini yaitu membangun kesadaran seluruh  komponen bangsa untuk ikut serta memelihara, melindungi dan mengembangkan warisan seni dan budaya,” gugahnya.

Pada kesempatan ini, Lutfi  menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada seluruh tamu undangan yang telah berkenan hadir.Yang kedua,  juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu persiapan dan jalannya acara ini sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Panitia MURI yang diwakili oleh Yusuf Ngadri mengatakan Pagelaran 203 Parade Tarian Nonstop 24 jam dari 34 Provinsi ini besar kemungkinan akan bisa memcahkan rekor muri yang sudah ada saat ini. MURI mencatat sudah banyak rekor MURI untuk pentas seni budaya selama ini.

“Saat ini, baru ada 100 penari yang mentas dengan durasi waktu belum 24 jam untuk kegiatan pembukaan sebuah Mall. Jadi dari jumlah penari dan durasi waktu apa yang diadakan Kemendagri sangat berpeluang besar untuk memecahkan  rekor MURI asalkan para penari, kareografer dan penampilannya bisa tampil dengan baik hingga akhir waktu,” ujar Ngadri. (Akbar)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed