by

Paska Dilantik Anies, Taufan Beri Pencerahan Budaya 100 Pelajar

BOGOR – PASKA dilantik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri, M.Si memberikan pencerahan budaya kepada 100 pelajar di Hotel Purnama, Cipayung, Bogor, Senin (8/7/2019).

Berbicara dalam tema kegiatan “Pelaksanaan Dialog Membangun Semangat Cinta Seni dan Budaya” Taufan menjelaskan kemajuan sebuah negara itu ditentukan oleh sejauhmana bangsanya mengapresiasi seni dan kebudayaannya.

“Bangsa Jepang maju karena etos kerja dan dispilin yang tinggi. Kemajuan Jepang ini kini diikuti oleh Korea Selatan,” ujar Taufan.

Taufan mencontohkan, saat ini produk-produk elektronik Korea sudah diminati bangsa Indonesia. Selain keranjingan elektronik, kaum muda kita juga “tergila-gila” dengan budaya hip-hop Korea.

Karena itu, kata jebolan FISIP Unas ini, kalau bangsa Indonesia ingin maju, kaum mudanya harus menjadi inspirator dan motivator kemajuan seni dan budaya.

“Kalian adalah pewaris syah kebudayaan Indonesia. Ayo jaga kekayaan warisan budaya ini agar jangan dicuri negara lain,” gugahnya.

Pada kesempatan itu, Taufan juga memaparkan tentang adanya persaingan kesempatan kerja akibat dibukanya tenaga profesional dari negara-negara Asean paska diterimanya kebijakan Masyarakat Ekonomi Asean/MEA.

Taufan meminta agar kaum pelajar mulai meningkatkan skill dan kemampuan bahasa Inggris. Karena hanya dengan 2 skill itu kalian akan mampu bersaing dengan tenaga kerja asing yang kini mulai banyak bekerja di kota-kota besar di Indonesia.

“Kunci sukses yaitu disiplin, kerja keras dan selalu meningkatkan ilmu pengetahuan,” pangkas Taufan.

Selain Taufan hadir juga Kasubdit Ketahanan Seni dan Budaya Dirjen Polpum Kemendagri, Dra. Elly Yuniarti, MM. yang membawakan paparan tentang “Ketahanan Seni dan Budaya sebagai Perekat Bangsa.” (Zul).

News Feed