by

Pakar Politik Unas Beri Masukan untuk Kepala Kesbangpol DKI Jakarta

-Politik-81 views

JAKARTA – PELANTIKAN Kepala Badan Kesbangpol DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri, M.Si menuai banyak harapan dan tantangan tentunya. Salah satunya ialah pandangan Dosen Paska Sarjana Universitas Nasional Dr. TB. Massa Djafar

Kepada redaksi, TB. Massa menilai dibalik harapan atas pelantikan Kepala Badan Kesbangpol DKI Jakarta Taufan itu tantangan yang dihadapi demikian beratnya, selain juga mengandung harapan publik yaitu agar bagaimana Pemerintah DKI Jakarta mampu menjadi Ibukota Megapolitan — sebagai salah satu Ibu Kota Negara Dunia yang mencermikan suatu peradaban bangsa maju.

“Tantangannya adalah sejauhmana Kepala Badan Kesbangpol DKI Jakarta, Taufan Bakri, M.Si, dengan sumberdaya yang dimiliki oleh Pemda DKI mampu menjalankan program Pemda DKI Jakarta dengan berhasil. Kuncinya, yaitu kemampuan koordinasi dengan beberapa bidang, yang terkait langsung dengan partisipasi masyarakat,” ujar TB. Massa.

Doktor Politik Putra Aceh ini menilai keberhasilan peranan pemerintah penting dalam merumuskan kebijakan dan menfasilitasi aspirasi warga Jakarta itu ditentukan oleh sejauhmana Kesbangpol DKI Jakarta mampu mendorong warganya terus aktif terlibat.

“Kemampuan mendorong partisipasi warga menjadi kata kunci, tidak lagi mengandalkan gaya birokratis top down. Mengingat pemrintah DKI kemampuannya sangat terbatas,” paparnya.

Ditambahkannya, program pembinaan tidak lagi dipahami budaya proyek, tetapi berbasis pada potensi dan kebutuhan riel warga. Tantangannya adalah bagaimana bisa memastikan bahawa itu kebutuhan masyarakat, yang mendukung visi Pemerintah DKI Jakarta.

“Proses perumusan aspirasi warga harus bisa dikelola dengan baik, guna menghasilkan program yang tepat sasaran dan dilakukan kombinasi dengan menggunakan tekno perencanan yang canggih. Jika ini mampu dilakukan Taufan, dapat dipastikan akan menghasilkan suatu output dan outcome yang memperkuat corak masyarakat DKI jakarta yang plural, berbudaya, relegius dan toleran, sebagai ciri masyarakat modern dan bekeadaban,” pangkas TB. Massa. (Zul)

News Feed