by

Anies Soroti Pentingnya Kolaborasi Pemerintah dan Wartawan Dalam Penyampaian Informasi

Media massa atau insan pers, khususnya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi DKI Jakarta/PWI Jaya, diharapkan dapat terus berperan sebagai mitra kerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam membantu menginformasikan program pembangunan, serta penyelenggaraan pelayanan publik untuk masyarakat.ADVERTISEMENT

Hal itu disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dalam acara Pelantikan Pengurus Baru PWI Jaya Periode 2019-2024, di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

“Alhamdulillah bersyukur menjadi saksi pelantikan pengurus baru. (Saat ini) peran pemerintah menjadi penting kembali di dalam rujukan informasi. Dalam proses ini, institusi pemerintah dan institusi wartawan (PWI) tetap harus menjadi mitra kerja (sebagai rujukan informasi). Kami mendapat aspirasi lewat media, media mengungkapkan masalah di dalam masyarakat, karena itu diterima sebagai fakta untuk kita bereskan bersama. Di sisi lain, apa yang kita kerjakan disampaikan lewat media. Jadi, ini sebuah kolaborasi penting yang harus kita dorong bersama,” ujar Anies, seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta, Selasa(02/07/2019).

Anies berharap, dalam penyampaian informasi penyelenggaraan pembangunan di Jakarta, para insan pers menyampaikannya dengan mengedepankan prinsip-prinsip independen, konstruktif, seimbang, objektif dan bertanggung jawab.

“Karena itu, peran media-wartawan justru sebagai penjuru untuk menbangun trust yang ada di republik ini. Karena itu, kita bicara independensi, objektivitas karena penjurunya itu, kepercayaan. Ini yang ingin coba kita sama-sama lakukan,” terangnya.

Anies menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi dan sinergi PWI Jaya yang selama ini telah ditanamkan dan dibangun bersama. Ke depan, diharapkan PWI Jaya dapat terus meningkatkan dan menguatkan sinergi, koordinasi, dan kerja sama dalam penyampaian berita atau informasi yang bermanfaat bagi kepentingan pengembangan dunia pers, pemerintah, dan masyarakat di Jakarta.

“Mudah-mudahan pengurus PWI Jakarta akan bisa menjadi pemancar kepercayaan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Untuk diketahui, para Pengurus Baru PWI Jaya ini dilantik oleh PWI Pusat melalui Surat Keputusan Nomor: 060-PGS/PP-PWI/2019 tentang Pengesahan Susunan Pengurus PWI Provinsi DKI Jakarta Masa Bakti 2019-2024. Ketua PWI Jaya periode 2019-2024 dijabat oleh Sayid Iskandarsyah.

Seusai Pelantikan Pengurus Baru, PWI Jaya juga mengumumkan adanya Lomba Karya Jurnalistik MH. Thamrin, yang kembali digelar atas kerja sama PWI Jaya dengan Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta.

Ketua Panitia Pelaksana Anugerah Jurnalistik MH Thamrin 2019, Tubagus Adhi menjelaskan, seperti tahun-tahun sebelumnya, karya jurnalistik yang akan dilombakan ini dapat dikirim langsung ke Sekretariat Panitia MHT 2019 d/a Sekretariat PWI Jaya, di Gedung Prasada Sasana Karya atau Gedung Bank DKI, Jalan Soeryopranoto No. 8, Jakarta Pusat.

“Peserta lomba dapat menyerahkan materi asli lomba, dari hasil karya jurnalistik sejak periode 1 Juni 2018 hingga 31 Mei 2019,” tandasnya.

Anies Soroti Pentingnya Kolaborasi Pemerintah dan Wartawan dalam Penyampaian Informasi, Pengurus PWI Jaya Pelantikan di hadiri Gubernur DKI Jakarta.

Untuk diketahui, pihak penyelenggara masih menerima penyerahan karya-karya peserta hingga 15 Juli 2019. Karya jurnalistik yang dilombakan berhubungan dengan pembangunan Ibu Kota Jakarta, baik itu terkait dengan pelayanan, infrastruktur, lingkungan hidup, kemacetan, sumber daya manusia, dan lain sebagainya.

Ada tujuh kategori yang akan dilombakan, yakni, Tajuk Rencana, Artikel Umum, Artikel Layanan Publik, Foto, Feature Siaran TV, Feature Siaran Radio, serta Feature Online. (Wartalika.id)

News Feed